Dark/Light Mode

Gelar Rakernas Tertutup

PDIP Berkontemplasi, Menangkap Isyarat Langit

Rabu, 19 Juni 2019 19:00 WIB
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri saat meninggalkan lokasi Rakernas IV, di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (19/6). (Foto: Ade Al Kautsar/RM)
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri saat meninggalkan lokasi Rakernas IV, di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (19/6). (Foto: Ade Al Kautsar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP sedang menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV. Di hari pertama Rakernas, Rabu (19/6), acara berlangsung tertutup. Baru sekitar pukul 15.05 WIB, wartawan dipersilakan mendekat ruang Rakernas yang digelar di Gedung DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Seorang petugas keamanan menemui awak media memberi kode untuk memasuki gedung. Namun, tidak bisa masuk lebih jauh. Hanya sebatas di lobi. Izin masuk ini diberikan sekitar dua jam setelah Presiden Jokowi meninggalkan lokasi acara, pukul 13.00 WIB.

Baca juga : Pelabuhan Benoa Perluas Terminal Penumpang Kapal Pesiar

Jokowi diketahui berada di kantor DPP PDIP selama tiga jam. Namun tak memberikan penjelasan apa pun saat meninggalkan lokasi.

Akses untuk memasuki kantor memang tertutup sejak pagi. Ada beberapa wartawan yang sempat berhasil masuk, namun sekitar pukul 09.15 WIB saat Biro Pers Istana dan Paspampres tiba, wartawan diminta meninggalkan lokasi acara.

Baca juga : Serikat Pekerja PLN Tetap Fokus Berkontribusi Membangun Negeri

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto beralasan, tertutupnya agenda Rakernas bagi media karena membahas sejumlah agenda internal partai. Selain itu, Rakernas IV juga merumuskan tanggung jawab partai dalam mewujudkan harapan rakyat setelah PDIP dan Jokowi-Ma’ruf mendapat kepercayaan rakyat dengan memenangkan Pemilu 2019.

"Mohon maaf kepada teman-teman pers, mengingat Rakernas IV lebih banyak membahas agenda internal partai, maka Rakernas bersifat tertutup," kata Hasto.

Baca juga : Panglima TNI Tulis Ayat Tentang Fitnah

Menurut dia, menghindarnya partai banteng bermoncong putih itu dari liputan awak media untuk menjaga keheningan dalam berkontemplasi. "Partai menyadari bahwa keheningan dalam politik penting dalam kontemplasi politik. Terlebih ketika PDI Perjuangan memerlukan suasana khusus. Memerlukan kejernihan alam pikir guna merumuskan agenda strategis internal partai ke depan," lanjutnya.

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meninggalkan lokasi acara pukul 15.50, didampingi Hasto dan Prananda Prabowo. Mega juga memilih bungkam dan hanya menebar senyuman kepada awak media. [SAR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.