Dark/Light Mode

Dapil III Provinsi Sumatera Utara

Lawan Hinca Dan Junimart, Djarot Pede Raih Kursi

Senin, 21 Januari 2019 11:53 WIB
Djarot Saipul Hidayat (kiri) caleg dari PDI Perjuangan, Hinca Panjaitan (tengah) caleg dari Partai Demokrat dan Junimart Girsang (kanan) caleg dari PDI Perjuangan.
Djarot Saipul Hidayat (kiri) caleg dari PDI Perjuangan, Hinca Panjaitan (tengah) caleg dari Partai Demokrat dan Junimart Girsang (kanan) caleg dari PDI Perjuangan.

 Sebelumnya 
Partai Golkar ikut bermanuver. Partai pimpinan Airlangga Hartarto ini menurunkan Ahmad Doli Kurnia. Dia adalah Korbid Pemenangan Pemilu wilayah Sumatera DPP Partai Golkar. Doli menemani dua petahana Golkar. Yakni Anthon Sihombing dan Delia Pratiwi BR Sitepu. 

Partai Nasdem tidak mau ketinggalan. Selain menurunkan petahana Ali Umri, juga menurunkan Rudi Hartono Bangun. Track record Rudi Hartono di Sumut dibilang cukup kinclong. Dia pernah jadi Ketua DPRD Langkat periode 2009-2014 dan kemudian terpilih anggota DPR periode 2014-2019 melalui Demokrat.

Baca juga : Tujuh Caleg Gagal Maju Lagi, PKPI Tak Kirim Calon

Bagaimana dengan kubu Partai Demokrat? Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menerjunkan petahana yang juga Sekjen Demokrat Hinca IP Pandjaitan.  Tidak sampai di situ, Demokrat mengandalkan Ketua DPP Demokrat Jansen Sitindaon dan pengusaha Feiral Rizky Batubara. Partai besar lainnya, seperti PAN, Hanura dan PKS ikut menyemarakan peta persaingan di Dapil III Sumut ini. 

PAN menurunkan lagi petahana Nasril Bahar dan penyanyi Anita BR Sembiring. Hanura menurunkan petahana Samsudin Siregar. PKS pun menurunkan petahana Ansory Siregar dan doktor bidang syariah sekaligus mantan Ketua PIP PKS Malaysia, Usman Jakfar. 

Baca juga : Partai Besar Bisanya Cuma Main Aman

Caleg PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat sangat percaya diri berjuang di Dapil III Sumut ini. Meski sebagai caleg pendatang baru, Djarot sudah memiliki basis massa kuat. Pasalnya, pada Pilgub 2018, Djarot yang berpasangan dengan Sihar Sitorus mendapat suara signifikan. Mantan Walikota Blitar ini meyakini, partainya bisa memenangi pileg dan pilpres tahun ini. “Kita akan memenangkan Pak Jokowi juga memenangkan PDI Perjuangan di pileg,” jelas Djarot kepada Rakyat Merdeka.

Munculnya figur-figur tenar seperti Hinca Panjaitan, Martin Hutabarat, Ahmad Doli Lurnia di Dapil IIISumut, justru memotivasi Djarot.  Djarot mengaku, para petinggi atau elite partai ini adalah teman-temannya di luar kegiatan politik. Djarot justru senang bisa satu dapil dengan mereka semua. Dia percaya bisa meraih di dapil ini. “Bisa aja kamu. Bagus itu dong hehe,” tandasnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.