Dark/Light Mode

Ono Bangga, Setelah 18 Tahun PDIP Jabar Kembali Gelar Perayaan Natal

Sabtu, 1 Februari 2020 12:45 WIB
Ono Surono (Foto: Istimewa)
Ono Surono (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, merasa terhormat dan bangga bisa menyampaikan pidato dalam perayaan Natal. Apalagi, Natal bertemakan "Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang" ini digelar DPD PDIP Jawa Barat.        

"Ini sebuah kehormatan bagi saya," kata Ono saat menyampaikan sambutan dalam perayaan Natal PDI Perjuangan Jawa Barat, di Gedung Bikasoga, Bandung, Jumat malam (31/1).        

Ono menjelaskan, sejak tahun 2002, PDI Perjuangan Jawa Barat tak lagi menggelar perayaan Natal. Saat 2002 itu, 18 tahun lalu itu, Ketua Panitia Natal adalah Maruarar Sirait.      

Baca juga : Bangganya Setien Lihat Barca Gebuk Leganes 5-0

Makanya, kisah Ono, saat bertemu dan berdialog dengan Maruarar Sirait di sela Rakernas PDI Perjuangan 10 Januari 2020, muncul ide untuk kembali menggelar Natal. Ono pun langsung meresponsnya dan ditunjuklah Nico Siahaan sebagai Ketua Panitia dengan Rafael Situmorang sebagai Sekretaris dan Bertha Musty sebagai Bendahara.        

"Ini jadi kebanggaan. Sebab perayaan Natal PDI Perjuangan Jawa Barat dimulai lagi. Dan kita pastikan akan kita rayakan setiap tahun," kata Ono yang disambut tepuk tangan ribuan hadirin.      

Bagi Ono sendiri, Maruarar Sirait ini merupakan sosok pejuang yang sangat nasionalis. Ono ingat, dalam paripurna terakhir DPR periode 2014-2019, saat terakhir pula Maruarar menjabat anggota DPR, Maruarar melakukan interupsi. Dalam interupsi itu Maruarar mengusulkan agar DPR benar-benar menjadi wajah keragaman umat bergama di Indonesia itu.

Baca juga : Mendag Rayu Pengusaha Abu Dhabi Kerek Perdagangan dan Investasi

"Bang Ara (sapaan Maruarar) mengusulkan agar di DPR juag dibangun pura, wihara, dan gereja," ungkap Ono.      

Ara sendiri menilai Ono sebagai sosok Muslim yang nasionalis sejati. Maruarar juga melihat bahwa Ono merupakan pemimpin yang tegas dan punya hati dalam memimpin PDI Perjuangan Jawa Barat.

Di ujung sambutan, Ono mengutip lagu yang begitu populer. Judulnya Persahabatan. Dalam lagu itu disebutkan bahwa persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu. Persahabat juga bagai kepompong, hal yang tak mudah berubah jadi indah. "Persahabatan bagai kepompong, aklumi teman hadapi perbedaan," dendangnya, yang kembali disambut tepuk tangan hadirin.      

Baca juga : Bandara Ngloram Siap Didarati Penerbangan Komersial

Acara Natal ini dihadiri pimpinan DPD PDI Perjuangan Jawa Barat seperti Bendahara DPD PDI Perjuangan Jawa Barat yang juga Wakil DPRD Jawa Barat Inneu Purwadewi, Matius, Zainuddin, Bertha Musty, Nurafika dan Rini Chaerunisa. Hadir juga DPC PDI Perjuangan Kota Bandung Achmad Nugraha juga tak ketinggalan. Pesan Natal disampaikan Pendeta Dennard Siregar dan doa syafaat dibacakan Romo Agustinus Sugiharto. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.