Dark/Light Mode

Amien Rais Sudah Tak Bergigi

Zulhas Kembali Nakhodai PAN

Selasa, 11 Februari 2020 20:43 WIB
Zulkifli Hasan (kedua kanan) merayakan kemenangan sebagai Ketua Umum PAN terpilih periode 2020-2025 di Kongres PAN Ke-5 di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2). (Foto: Sophan Wahyudi/RM)
Zulkifli Hasan (kedua kanan) merayakan kemenangan sebagai Ketua Umum PAN terpilih periode 2020-2025 di Kongres PAN Ke-5 di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2). (Foto: Sophan Wahyudi/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Zulkifli Hasan (Zulhas) berhasil mematahkan mitos yang menyebut Ketua Umum PAN, hanya bisa menjabat satu periode.

Terbukti, mantan Ketua MPR kelahiran Lampung, 17 Mei 1962 itu kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025.

Baca juga : Dipimpin Zulhas, Kursi PAN Turun

Ia berhasil meraup 331 suara dari total 563 total suara sah dalam Kongres V PAN di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2) malam.

Meninggalkan Mulfachri Harahap, yang hanya mendapatkan 225 suara. Sedangkan calon ketua lainnya, Dradjad Wibowo hanya mendapatkan 6 suara.

Baca juga : Aman, Bandara Halim Perdanakusuma Kembali Beroperasi Normal

Ada tiga suara tidak sah dalam pemilihan tersebut. Kesuksesan Zulhas memperpanjang masa jabatannya sebagai Ketua Umum PAN, sekaligus menjadi bukti bahwa Amien Rais sudah tak lagi punya gigi dalam menentukan sosok yang akan memimpin PAN.

Kongres ini diwarnai kericuhan, baik di dalam ruang kongres maupun di luar hotel tempat kongres tersebut. Antara kubu Zulhas dan Mulfachri saling cekcok.

Baca juga : Jusuf Kalla Terpilih Kembali Jadi Ketum PMI

Bahkan, terjadi bentrokan fisik, sehingga beberapa peserta kongres dari kubu Mulfachri mengalami luka-luka, dan dilarikan ke rumah sakit. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.