Dark/Light Mode

Dapil I Provinsi Nusa Tenggara Timur

6 Petahana Lawan Mantan Kepala Daerah

Senin, 4 Februari 2019 14:11 WIB
Frans Lebu Raya (kiri) caleg dari PDI Perjuangan, Johnny G Plate (tengah) dari Partai Nasdem dan  Melchias Marcus Mekeng (kanan) caleg dari Partai Golkar.
Frans Lebu Raya (kiri) caleg dari PDI Perjuangan, Johnny G Plate (tengah) dari Partai Nasdem dan Melchias Marcus Mekeng (kanan) caleg dari Partai Golkar.

RM.id  Rakyat Merdeka - Daerah Pemilihan (Dapil) I Nusa Tenggara Timur (NTT) tampaknya masih dikuasai petahana atau incumbent. Tapi, kursi petahana bisa saja lepas saat melawan mantan kepala daerah. Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut, ada 6 kursi diperebutkan 83 caleg di dapil dengan cakupanAlor, Lembata, Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Manggarai, Manggarai Timur, Manggarai Barat dan Nagekeo. 

Partai Nasdem menempatkan petahana Johnny G Plate. Sekjen Partai Nasdem itu dipasang di nomor urut 1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tetap menjagokan petahana Anderas Hugo Pariera di nomor urut wahid.  Selain itu, partai banteng moncong putih ini memberikan ruang bagi mantan Gubernur NTTdua periode Frans Lebu Raya untuk meraih kursi DPR. Frans Lebu diplot di nomor urut 4. 

Baca juga : Eks Menteri, Mantan Tim Mawar Dan Petahana Adu Kuat

Partai Gerindra main aman dengan memasang petahanaPius Lustrilanang di urutan pertama. Partai Demokrat sama dengan partai besar lainnya, menempatkan incumbent Yosef Benediktus Badeoda di nomor urut 2. Mantan Cagub NTTBenny Kabur Harman berada di nomor wahid.

Partai Amanat Nasional (PAN) pun memajukan lagi petahana Ahmad Yohan di posisi pertama. Di nomor urut 4 dan 5 di tempat dua mantan Bupati Manggarai. Yakni Antony Bagul Dagur dan Christian Rotok.

Baca juga : TGB Jadi Magnet Golkar, Zulkieflimansyah Untuk PKS

Partai Golkar tetap usung petahana Melchias Marcus Mekeng. Ketua Fraksi Partai Golkar DPRdan Ketua Korbid Pemenangan Indonesia Timur Golkar ini diplot di nomor teratas.Partai beringin pimpinan Airlangga Hartarto juga memasang, aktivis dan pendiri lembaga Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Sebastian Salang di nomor urut 6. 

Meski tak memiliki petahana, Partai Hanura menempatkan senator DPD perwakilan Provinsi NTTperiode 2014-2019, Adrianus Garu di posisi pertama. Adrianus Garu diketahui terpilih menjadi senator NTTpada Pileg 2014 dengan memperoleh 140.502 suara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.