Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dapil II Provinsi Sulawesi Selatan

Bangsawan Sulawesi Selatan & Eks Gubernur Adu Pengaruh

Minggu, 27 Januari 2019 09:52 WIB
Syahrul Yasin Limpo (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Andi Jamaro Dulung (tengah) caleg dari PKB dan Andi Muawiyah Ramly (kanan) caleg dari PKB.
Syahrul Yasin Limpo (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Andi Jamaro Dulung (tengah) caleg dari PKB dan Andi Muawiyah Ramly (kanan) caleg dari PKB.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertarungan di Dapil II Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sukup sengit. Banyak politisi bangsawan bergelar ‘Andi’ ikut rebutan kursi DPR. Caleg petahana juga banyak. Partai Nasdem jagokan mantan Gubernur Sulsel dan istri kepala daerah.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada 122 caleg ikut berebut 9 kursi Senayan. Ratusan calon wakil rakyat ini akan mengais suara dari wilayah Bulukumba, Sinjai, Bone, Maros, Barru, Soppeng, Wajo, Kota Pare Pare, Pangkajene dan Kepulauan Pangkep.

Berita Terkait : Dinasti Menguat, Anak Dan Ibu Pun Hadap-hadapan

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menempatkan petahana Andi Jamaro Dulung di nomor 4. Sebelumnya, Andi Jamar adalah caleg PPP. Sedangkan nomor urut 1 ditempati salah satu pendiri PKB Andi Muawiyah Ramly (Amure).

Partai Gerindra kembali menempatkan jagonya Andi Iwan Darmawan Aras (Petahana) di nomor urut pertama. Guna meningkatkan kursi DPR, mantan Bupati Sinjai (2003-2013), Andi Rudiyanto Asapa diplot posisi kedua.

Berita Terkait : Istri Gubernur, Eks Menteri & Gubernur Berebut 3 Kursi

PDI Perjuangan juga berlaku sama menempatkan petahana Samsu Niang di nomor urut wahid. Untuk menambah kekuatan dalam mendulang suara, partai banteng moncong putih ini menurunkan A Yaqkin M Padjalangi di nomor urut 2.

Yaqkin adalah mantan Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Sulsel dan peraih suara terbanyak Dapil VII DPRD Sulsel pada Pileg 2014 dengan 59615 suara. Selain itu, PDIP juga menurunkan istri mantan Bupati Barru, Andi Idris Syukur, Andi Citta Mariogi di nomor urut 3. Partai Nasdem pun tak mau kalah.

Berita Terkait : Satu Dusun Terkubur Akibat Longsor

Partai bentukan Surya Paloh ini banyak memeunculkan caleg berkualitas. Selain petahana, ada mantan kepala daerah dan istri kepala daerah dicalonkan. Nasdem tetap menempatkan petahana Akbar Faizal pada nomor urut pertama.

Ada Wakil Wali Kota Parepare Achmad Faisal Andi Sapada di nomor urut 4. Mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dipasang di nomor 5. Terakhir, istri Bupati Wajo terpilih, Sitti Maryam di nomor urut 7. PKS tetap mengandalkan Andi Akmal Pasluddin di nomor urut 1.
 Selanjutnya