Dark/Light Mode

Umumkan Susunan Pengurus Demokrat, AHY Tunjuk Ibas Jadi Waketum

Rabu, 15 April 2020 23:01 WIB
AHY bersama Ibas (Foto: Istimewa)
AHY bersama Ibas (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), mengumumkan susunan pengurus Partai Demokrat (PD) periode 2020-2025, Rabu (15/4) malam. Satu bulan setelah menerima mandat sebagai Ketua Umum, AHY secara resmi mengumumkan susunan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat periode 2020-2025 sesuai dengan amanat Kongres Partai Demokrat V 2020 di Jakarta Convention Center, 15 Maret lalu. 

"Hari ini saya menerbitkan dua Surat Keputusan Ketua Umum, baik untuk Pengurus Harian sejumlah 100 orang, maupun Pengurus Pleno sejumlah 200 orang. Sehingga secara rinci, masing-masing kader Demokrat bisa melihat 200 nama pengurus pada posisi masing-masing dalam Surat Keputusan Ketua Umum tersebut," tutur AHY, dalam keterangan tertulis dari Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Ossy Dermawan, Rabu malam (15/4)

AHY menjelaskan, pengumuman ini dilaksanakan pada batas terakhir waktu yang diberikan karena memprioritaskan Partai Demokrat untuk fokus membantu masyarakat dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di seluruh Indonesia. Selain memberikan enam rekomendasi kepada pemerintah, AHY juga mengeluarkan instruksi nomor 01 dan 02 tentang Gerakan Nasional Demokrat Lawan Corona serta instruksi untuk mengutamakan keselamatan diri saat melaksanakan kegiatan tersebut. 

Selain itu, AHY juga ingin memastikan secara cermat, tepat, adil, dan bijaksana, tentang rancang bangun organisasi Partai Demokrat yang adaptif sesuai kebutuhan dan tantangan tugas saat ini dan lima tahun mendatang, serta orang-orang yang tepat untuk menduduki posisi-posisi yang ada. "Saya tidak mau terburu-buru. Setiap hari, saya terus mempelajari organisasi dan orang per orang, satu per satu. Saya baca CV nya, saya pelajari kelebihan dan kekurangannya, setiap hari, hingga larut malam, bahkan kadang hingga pukul 3 dan 4 pagi," terangnya.

Baca juga : AHY Umumkan Pengurus Demokrat, Teuku Riefky Harsya Sekjen, Andi Arief Kepala Bappilu

AHY menekankan tiga hal yang menjadi dasar dalam penyusunan kepengurusan inti partai. Pertama, tantangan Partai Demokrat ke depan. Kedua, struktur organisasi DPP. Ketiga, kriteria pengurus inti Partai Demokrat. 

Bertema Harapan Rakyat, Perjuangan Demokrat, AHY menyebutkan tantangan Partai Demokrat lima tahun ke depan tidak ringan. Berkaca dari Pemilu lima tahun lalu, suara partai mengalami penurunan, meskipun pada Pemilu 2019 memperoleh suara dua kali lipat dari perkiraan beberapa lembaga survei. Oleh karena itu, kembali memenangkan Pemilu lima tahun mendatang akan menjadi tantangan dalam perjuangan Partai Demokrat. Dengan demikian, berdasarkan tantangan yang akan dihadapi Partai Demokrat, struktur organisasi DPP yang dibentuk mengacu pada prinsip profesional, efektif, efisien, dan modern dalam menghadapi tantangan tugas itu. 

"Pengurus Harian berjumlah 100 orang, terdiri dari Eselon Pimpinan, Eselon Pembantu Pimpinan dan Eselon Pelaksana. Sedangkan Pengurus Pleno berjumlah 200 orang, yakni 100 orang Pengurus Harian ditambah 100 orang lainnya, terdiri dari Sekretaris Departemen dan staf, Sekretaris Direktur Eksekutif dan Staf, Sekretaris Badan dan staf, serta para Kepala Biro di tiap-tiap departemen," katanya.

Yang terakhir, kriteria pengurus inti Partai Demokrat. "Tentu tidak selalu mudah untuk mencari orang sesuai dengan kriteria yang yang diharapkan, tetapi saya berusaha untuk memilih orang yang mendekati kriteria itu," imbuhnya. 

Baca juga : Soal Pengganti Sekjen, Ini Penegasan Waketum PSSI

Kriteria umum pengurus inti diantaranya, beriman dan bertaqwa pada Tuhan YME, berlandaskan Pancasila dengan semangat nasionalis religius, memiliki integritas, kapasitas, dan kapabilitas yang baik, memiliki riwayat pendidikan dan rekam jejak yang baik di bidang politik maupun bidang profesional. Sedangkan kriteria khusus akan sangat dinamis menyesuaikan kebutuhan, pada posisi dan jabatan masing-masing. "Dari 200 orang Pengurus Pleno, rata-rata usia pengurus adalah 42 tahun, hampir sama dengan usia saya, dengan rentang usia termuda 22 tahun dan usia tertua 60 tahun," terang AHY. 


Berikut susunan kepengurusan inti Partai Demokrat periode 2020-2025: 
Ketum: Agus Harimurti Yudhoyono

Wakil Ketua Umum:
Benny Kabur Harman
Edhie Baskoro Yudhoyono
Yansen Tipa Padan
Vera Febyanthy Rumangkang 
Willem Wandik
Marwan Cik Asan

Sekjen: Teuku Riefky Harsya

Baca juga : Jumlah Penumpang Turun 90 Persen, Headway MRT Jadi 10 Menit

Wakil Sekjen:
Andi Timo Pangerang
Putu Supadma Rudana
Renanda Bachtar 
Ingrid Kansil
Muhammad Rifai Darus
Siti Nur Azizah
Jansen Sitindaon
Imelda Sari
Irwan
Agust Jovan Latuconsina

Bendum: Renville Antonio

Wabendum: Eka Putra
Lasmi Indaryani
Tatyana S Sutara
Chairul Yaqin Hidayat 
Edwin Jannerli Tandjung 
Bramantyo Suwondo
Indyastari Wikan
Lokot Nasution 

Direktur Eksekutif: Sigit Raditya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.