Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Putri Ma`ruf Amin Jadi Wasekjen, Pengamat: Isyarat Awal Demokrat Masuk Koalisi

Sabtu, 18 April 2020 12:29 WIB
Siti Nur Azizah (keempat kiri) saat acara Demokrat Mencari (Foto: Istimewa)
Siti Nur Azizah (keempat kiri) saat acara Demokrat Mencari (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putri Wapres KH Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, mendapat posisi strategis di Partai Demokrat dengan menjadi Wasekjen. Kondisi ini disebut bisa menjadi awal masuknya Demokrat dengan koalisi pemerintah. 

Pengamat politik Universitas Hasanuddin, Andi Ali Armunanto, mengemukakan, selama ini Demokrat condong mendukung pemerintah. Namun, partai besutan SBY itu tidak pernah terang-terangan menyatakan dukungannya. Nah, dengan bergabungnya putri Ma'ruf Amin sebagai Wasekjen, tentu akan membuka komunikasi politik bagi koalisi partai pemerintah dengan Demokrat. 

Baca juga : Platform Mapel Jadi Alternatif Masyarakat Berbelanja Online

"Hal ini akan berimbas pada menguatnya koalisi partai pendukung pemerintah dan akan membuat solid berbagai kebijakan pemerintah," ujar Ali, dalam keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (18/4).

"Dengan mengambil putri Ma'ruf Amin, Demokrat memiliki kesempatan untuk mengkomunikasikan kembali posisinya terhadap pemerintah. Dugaan saya akan bergabung dengan koalisi pemerintah," tambahnya.

Baca juga : Asman Jadi Sekjen PAN, Fakta Apa Hoaks?

Hal ini, lanjut Ali, dibutuhkan Partai Demokrat untuk kembali menguatkan barisan partainya. Di sisi lain pemerintah juga butuh dukungan yang kuat untuk mengambil berbagai keputusan di masa yang sulit ini. "Saya rasa keduanya akan sama-sama diuntungkan dari kejadian ini," kuncinya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.