Dark/Light Mode

Ke Haiti Mau Adopsi Anak, Pasangan Prancis Ditemukan Mati Ditembak

Selasa, 26 November 2019 17:23 WIB
Ke Haiti Mau Adopsi Anak, Pasangan Prancis  Ditemukan Mati Ditembak

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua warga Prancis ditembak mati di Port au Prince, Haiti, pada akhir pekan lalu. Pasangan tersebut baru saja tiba di Haiti untuk mengadopsi anak. Mereka ditemukan  mati ditembak orang tak dikenal. 

Pejabat di Kedutaan Besar Prancis di Haiti membenarkan tewasnya pasangan tersebut, namun tak memberikan keterangan lebih detail. Dua sumber menyebutkan, korban berasal dari Kota Saint Martin d'Ardeche, Prancis, datang ke ibu kota Haiti untuk membawa seorang anak ke negara mereka melalui proses adopsi.

Baca juga : Dua Heli Tabrakan di Udara, 13 Tentara Prancis Tewas di Mali

Menurut sumber, pasangan yang tak disebutkan identitasnya itu menjadi korban perampokan, namun peristiwa berubah menjadi tak terkendali hingga terjadi penembakan. Sementara itu juru bicara pemerintah Ardeche mengatakan, pasangan itu sudah mendapat lampu hijau untuk mengadopsi anak pada tahun lalu.

Haiti merupakan negara termiskin di kawasan Amerika. Dua bulan terakhir sedang bergolak dengan maraknya unjuk rasa. Demonstrasi yang dipicu langkanya bahan bakar berubah menjadi kekerasan dan kampanye lebih luas untuk menggulingkan Presiden Jovenel Moise.

Baca juga : Formasi Penjaga Tahanan Pria Paling Banyak Diminati Pelamar CPNS 2019

Menurut data PBB, setidaknya 42 orang tewas dan puluhan lainnya luka selama unjuk rasa antipemerintah yang dimulai pada pertengahan September.

Kementerian Luar Negeri Prancis sebenarnya sudah memperingatkan warganya untuk menunda perjalanan ke Haiti sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Baca juga : Prancis Vs Albania, Menjaga Kepala Tetap Tegak

"Demonstrasi, disertai dengan pemblokiran jalan-jalan utama dan aksi kekerasan (melempar batu, menembak) sangat sering terjadi. Kelompok-kelompok kekerasan aktif dan memicu suasana ketidakamanan," demikian keterangan Kemlu Prancis bulan lalu. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.