Dark/Light Mode

Klaim Tidak Singkirkan Senior

Pengurus Demokrat Paket Komplit Dan Tanpa Konflik

Kamis, 23 April 2020 08:10 WIB
Vera Febyanthy
Vera Febyanthy

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepengurusan Partai Demokrat hasil racikan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menempatkan kader muda dinilai sudah tepat. Komposisi tersebut paket komplit dan dijamin tidak ada konflik. 

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Vera Febyanthy saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin. Menurut dia, masuknya kader muda bukan menyingkirkan senior, tapi lebih pada regenerasi dan keberlanjutan partai. 

“Memang isinya 80 persen generasi muda dengan ukuran paling tinggi 55 tahun. Ini buah dari regenerasi Partai Demokrat sendiri, saya kira tidak ada konflik. Aman. Kalau ada juga kecil, tidak muncul juga di internal,” ujar Vera.

Baca juga : Hindari Kerumunan, Demokrat Setor Kepengurusan Via Online

Putri salah satu pendiri Partai Demokrat Ventje Rumangkang ini menjelaskan, AHY bukan menyingkirkan politisi senior. Mereka yang sudah menjabat lama di kepengurusan sebelumnya, diberikan ruang di Dewan Pembina hingga Majelis Tinggi.

Posisi ini juga dianggap berperan dalam memberikan masukan kepada Partai Demokrat. Vera menyebut, politisi senior juga tidak dihilangkan sama sekali di dalam kepengurusan. Buktinya, Benny K Harman dipercaya sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat.

“Banyak anak muda, ada juga yang lamanya. Misalnya, Benny K Harman, artinya Mas AHY masih membutuhkan masukan-masukan dari politisi senior,” katanya.

Baca juga : Umumkan Susunan Pengurus Demokrat, AHY Tunjuk Ibas Jadi Waketum

Vera mengamini, ada tanggapan yang meragukan komposisi DPP Partai Demokrat. Namun dia meyakini racikan AHY ini sudah tepat dan efektif menghadapi kerja politik baik itu di pilkada maupun Pemilu 2024. Calon pemilih, katanya, mayoritas diisi generasi muda dan tentunya politisi pun seirama.

“Tahun 2024 nanti terjadi bonus demografi. Partai Demokrat sudah siap. Dipimpin oleh Mas AHY dengan pengurus harian kebanyakan anak muda, tentu membuat partai bergerak lebih kencang, luwes dan dinamis,” ucapnya pede.

Pun dengan keterwakilan perempuan di dalam politik, Vera merasa bangga dan senang menjadi kader Partai Demokrat. Pasalnya, DPP Partai Demokrat sudah menerapkan 30 persen keterwakilan pengurus wanita. Termasuk dirinya, yang menjabat di posisi elite sebagai Wakil Ketua Umum.

Baca juga : Golkar Tegetkan Menang 60 Persen Di Pilkada Tahun Ini

Saat ini, kata Vera, Partai Demokrat sudah tuntas untuk urusan kepengurusan pusat. Partai Demokrat sedang bersiap menuju pesta demokrasi pilkada maupun Pemilu 2024. Diawali dengan kepengurusan di tingkat daerah, sembari mewajibkan seluruh kader untuk membantu rakyat melawan pandemi virus corona.

“Kalau kepengurusan di daerah, kita serahkan kepada kearifan daerah. Tidak bisa kita paksakan lebih banyak pengurus muda seperti di DPP Partai Demokrat,” pungkasnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.