Dark/Light Mode

Bantuan Corona

Instruksi AHY Langsung Ditindaklanjuti Kader Demokrat

Selasa, 28 April 2020 15:50 WIB
Kader Demokrat memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak corona. (Foto: ist)
Kader Demokrat memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak corona. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Instruksi Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kepada seluruh kader agar membantu penanganan pandemi virus corona langsung dijalankan. Pengurus DPP Demokrat, Lis Dedeh mengatakan, kader langsung memberikan bantuan sesuai arahan ketua umum. 

"Sebagai kader, saya tentu siap melaksanakan dan sangat mengapresiasi instruksi Ketum," kata Lis Dedeh, yang menjabat sebagai Deputi Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan, Anak, Kaum Disabilitas dan Lansia di Badan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat DPP Partai Demokrat, Selasa (28/4). 

Lis mengaku, sering menerima laporan bahwa masih banyak anak-anak yatim, perempuan kategori miskin dan janda, kelompok disabilitas dan lansia serta fakir miskin lainnya yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah. Hal ini dikarenakan tidak sinkronnya pendataan masyarakat dari RT/RW dengan penerima bantuan dari pemerintah.

Baca juga : Trump Ngawur

Lis mengatakan, sudah memberikan sejumlah paket bantuan  ke beberapa kaum disabilitas di Jakarta. Paket itu antara laib berisi beras 2,5 kilogram, 1 liter minyak goreng, 1 kaleng susu, 1 kotak teh, 1 botol handsanitizer serta perlengkapan kesehatan berupa masker kain. Bantuan ini diharapkan bisa sedikit membantu masyarakat khususnya kaum disabilitas di tengah wabah corona.

"Kita sama-sama berdoa semoga wabah virus corona cepat berakhir," ucap Lis. 

Akhir pekan lalu, AHY megeluarkan instruksi Gerakan Nasional Lawan Corona. Dalam arahan tersebut, AHY meminta kader Demokrat yang di pusat dan daerah untuk memberikan sumbangan tak hanya ke rumah sakit tapi langsung ke tengah masyarakat.   

Baca juga : Menteri Siti Antisipasi Karhutla Tetap Prioritas

AHY juga mengeluarkan instruksi Gerakan Nasional Demokrat Peduli dan Berbagi. Instruksi itu antara lain  melakukan identifikasi kelompok masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 secara sosial dan ekonomi termasuk anak-anak yatim piatu, kalangan fakir miskin, lansia dan kelompok disabilitas yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

Dia juga meminta kader melakukan pengumpulan dana secara swadaya dan kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) sesuai kemampuan masing- masing. Jenis dan variasi bantuan sembako disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan di daerah masing-masing, dan pendistribusiannya dilakukan secara adil dan merata sesuai dengan hasil pemetaan kelompok masyarakat sebelumnya.

Khusus kepada Anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD kab/kota agar membantu pemerintah untuk melakukan realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan untuk membantu kelompok masyarakat yang terdampak dan mendorong pemulihan perekonomian negara. Di samping mengawasi penggunaan anggaran dan pendistribusian bantuan pemerintah pusat dan daerah agar tepat sasaran, transparan serta akuntable sesuai prinsip-prinsip pengelolaan negara, undang-undang dan peraturan yang berlaku. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.