Dark/Light Mode

Biaya Pengobatan Corona Di RS Siloam Ditanggung Negara

Selasa, 14 April 2020 13:32 WIB
RS Siloam Kelapa Dua. (Foto: ist)
RS Siloam Kelapa Dua. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Komunikasi Lippo Karawaci, Danang Kemayan Jati mengatakan, perawatan corona (covid-19) di RS Siloam di tanggung penuh pemerintah. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/238/2020.

”Sebagai pandemi, hampir semua perusahaan asuransi tidak menanggung perawatan corona. Namun, pemerintah sudah menyatakan akan menanggung biaya perawatan corona,” ujar Danang di Jakarta, Selasa (14/4).

Baca juga : WNI Pasien Corona Asal Jakarta Meninggal Dunia di Turki

Menurung Danang, pemerintah khususnya Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah mengalokasikan anggaran dan disalurkan lewat Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam Keputusan Menteri Kesehatan untuk ketetapan dan pelaksanaannya. “Ini sesuatu hal yang positif bagi masyarakat warga Indonesia dimana setiap pasien ditanggung pemerintah termasuk WNA,” ujarnya.

Walaupun apa yang ditanggung oleh KMK atas biaya perawatan corona tidak akan mencukupi total biaya aktual dari RS swasta, Siloam telah memutuskan untuk mendukung penuh keputusan pemerintah dan memberikan pelayanan corona berdasarkan KMK. 

Baca juga : Dismash Corona, Rogers Cup Ditunda

Pasien corona dan PDP yang masuk dirawat RS Siloam Kelapa Dua dan RS Siloam Mampang akan dirawat oleh biaya Siloam.

“Nantinya akan ditagih berdasarkan KMK walaupun tidak akan mencukupi dan menutupi selurah biaya,” ujarnya. 

Baca juga : Din Pimpin Perlawanan

Berarti tidak ada lagi triple track managemen pasien, yaitu Private Pay, Asuransi dan Tangungan Pemerintah. Hanya ada satu track, yaitu pasien yang di tanggung KMK. 

“Ketetapan ini berlaku segera. Dengan demikian, masyarakat luas bisa menikmati pelayanan dan perawatan pasien Covid-19 dan PDP di Siloam Kelapa Dua dan Mampang,” tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.