Dark/Light Mode

Totalitas di Dalam dan Luar

Wajar Prabowo Calon Kuat di Pilpres 2024

Rabu, 20 Mei 2020 06:35 WIB
Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)
Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPP Partai Gerindra Hendarsam Marantoko  menganggap wajar prediksi politik yang menempatkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon kuat di Pilpres 2024. Baginya, kualitas Prabowo sangat baik sebagai oposisi maupun koalisi.

“Faktor Pak Prabowo kuat elektabilitasnya karena kinerjanya selaku Menteri Pertahanan saat ini. Mungkin salah satu menteri terbaik Pak Jokowi saat ini ya Pak Prabowo,” ujar Hendarsam kepada Rakyat Merdeka.

Seperti diketahui, nama Prabowo selalu menempati  puncak di sejumlah hasil survei yang dirilis tahun ini. Di antaranya, Politika Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI), Indo Barometer serta Media Survei Indonesia (Median).

Baca juga : Debat Calon Ketum PAN Jadi Kunci Kemenangan

Paling baru, di survei Polmatrix yang di-launching Kamis (14/5). Prabowo menempati urutan pertama dengan 18,9 persen. Diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan raihan 13,7 persen. Di posisi ketiga ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan  dengan 12,8 persen.

Hendarsam mengatakan, Prabowo sosok pejuang yang  mengedepankan kepentingan bangsa dan negara. Ketika Pilpres 2019, Prabowo mampu bersikap kritis dengan mengungkapkan gagasannya  untuk memimpin negeri. Pun ketika diminta membantu negara sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo bisa menjalankan tugasnya dengan baik sekalipun presidennya adalah rivalnya di Pemilu  2019.

Kinerja Prabowo sebagai menteri dianggapnya baik, salah satunya dalam upaya melawan virus corona. “Hal  ini menjadi penilaian tersendiri di dalam masyarakat,” katanya.

Baca juga : Prabowo Jago Silat (Lidah...)

Meskipun begitu, Hendarsam menyebut prediksi ini terlalu prematur. Sejarah kepemiluan menjelaskan  bawa politik sangat cair dan fluktuatif. Bisa saja,  peta politik berubah di hari-hari menjelang pemilihan. Termasuk, drama-drama  yang disuguhkan politisi.

Hendarsam juga menyinggung prediksi politisi gaek PAN Amien Rais yang menganalisa di Pilpres 2024  akan terjadi pertarungan politik antara Prabowo dengan Anies Baswedan. Sekali pun politik itu sangat cair, menurutnya, Anies tidak akan melawan Prabowo.

“Di dalam skup makro, Anies  tidak akan pernah berhadapan dengan Pak Prabowo. Ini dibuktikan dengan sikap Anies di Pemilu 2019. Dan saya yakin,  Mas Anies akan konsisten dengan itu,” katanya.

Baca juga : Hadapi Serbia di Final, Nadal Buru Gelar ATP Cup 2020

Menurut dia, Anies pernah mengatakan tidak akan pernah menghianati Prabowo. Dan Anies merupakan politisi  yang paham dengan adabnya. “Seorang pemimpin itu yang dipegang ucapannya. Kalau dia ingin kredibiltasnya terjaga,” tutupnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.