Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anis Matta Beberkan Lima Jurus Ampuh Keluar Dari Krisis

Senin, 8 Juni 2020 11:16 WIB
Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta
Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Muhammad Anis Matta berbagi tips untuk bisa bertahan dan keluar dari krisis di tengah pandemi Covid-19.

Ia meminta semua pihak agar krisis berlarut akibat dampak pandemi Covid-19 tidak dimaknai sebagai musibah, tetapi pertanda baik akan ada perubahan besar yang terjadi.

"Tidak ada perubahan besar tanpa krisis. Krisis itu adalah elemen pertama yang dibutuhkan oleh perubahan. Krisis itu jangan dikatakan musibah, karena itu pertanda baik dari Allah SWT. Ini adalah pintu masuk untuk melakukan perubahan besar," kata Anis Matta dalam Halalbihalal virtual dengan DPW Partai Gelora Indonesia Jawa Barat, Sabtu (6/6/2020) malam.

Menurut Anis, untuk melakukan perubahan besar agar Indonesia bisa keluar dari krisis dan menjadi kekuatan lima besar dunia, diperlukan lima elemen. Yakni, krisis itu sendiri harus dilihat dari sudut pandang pintu masuk perubahan.

Baca juga : Kemenaker Terbitkan Surat Edaran Lindungi Buruh Dari Corona

Krisis ini ujar dia, tidak boleh dilihat sebagai musibah tapi sebagai peluang perubahan besar. Namun untuk melewati krisis panjang ini, Anis melihat, dibutuhkan daya tahan yang panjang. Sementara kemampuan manusia terbatas.

Lalu apa yang membuat manusia bisa bertahan dalam krisis namun dalam waktu yang sama bisa inovatif?

"Agama menjadi sumber energi atau harapan, dalam setiap riwayatnya selalu mengabarkan adanya hope dan keyakinan tentang kehidupan manusia," tuturnya.

"Elemen kedua ini, adalah cerita masa depan yang kita sebut dengan narasi atau mimpi yang memberikan 'cahaya di ujung lorong gelap' untuk bangkit dari krisis berlarut ini," kata Mantan Presiden PKS ini.

Baca juga : Ini Racikan Anis Matta Supaya Indonesia Bangkit Dari Krisis

Setelah itu lanjut dia, akan muncul elemen ketiga leader (pemimpin) yang akan membuat inovasi di tengah krisis. Pemimpin ini akan menciptakan struktur kekuatan politik, ekonomi dan teknologi yang kuat.

"Pemimpin ini akan didukung tim pioner atau trasmitter. Tim pioner ini merupakan elemen keempat yang menjadi penyambung untuk bisa menerjemahkan mimpi-mimpi pemimpin menjadi kenyataan," jelas Anis.

Adapun elemen kelima adalah kaum (komunitas) atau umat (rakyat), yang mempunyai kesamaan arti jalan hidup atau peta jalan.

"Sekelompok orang ini sebagai jalan keluar dari krisis. Rakyat itu pelaku sejarah perubahan dan karena itu rakyat harus bisa dikonsolidasi," kata Mantan Wakil Ketua DPR ini.

Baca juga : Mensos: Data Bansos Gubernur DKI Kedaluwarsa

Pemimpin baru ini, nantinya akan banyak membuat Inovasi, baik itu sistem teknologi dan ekonomi, maupun aliansi global baru, dimana terbangun fondasi kesejahteraan dan kemakmuran jangka panjang sebagai kekuatan ekonomi dunia.

"Kita harus membangun fondasi kesejahteraan jangka panjang. Itulah kenapa kita butuh arah baru, tapi jangan lupa hadirkan agama di setiap perubahan agar tidak berakhir kelam dan anarki," tutup Anis Matta. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.