Dark/Light Mode

DPD Dapil Provinsi Jawa Barat

Mantan Anggota DPR& Tokoh Buruh Berebut Kursi Aceng Fikri

Kamis, 21 Februari 2019 10:51 WIB
Oni Suwarman (kiri), Eni Sumarni (tengah) dan  Muhamad Sidarta (kanan)
Oni Suwarman (kiri), Eni Sumarni (tengah) dan Muhamad Sidarta (kanan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Absennya satu petahana di gelanggang pertarungan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Barat membuat pertarungan sengit. Tokoh buruh, mantan anggota DPR dan akedemisi siap rebut kursi yang ditinggalkan tersebut.

Baca juga : Tiga Dinasti Di Tanah Jawara Berebut Kursi Senator

Data Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut, jatah 4 kursi DPD akan diperebutkan 50 calon senator. Dari ratusan calon itu, tiga di antaraya berlatar belakang petahana. Mereka adalah Oni Suwarman, Eni Sumarni dan Ayi Hambali. Sementara, satu petahana tak nyalon lagi. Yakni mantan Bupati Garut, Aceng Fikri. Diketahui, Aceng sempat diguncang kasus nikah siri dan akhirnya mundur dari kursi Bupati Garut.

Baca juga : Mantan Bos MK & Eks Cawagub Hadang Laju 4 Juara Bertahan

Absennya Aceng Fikri, tidak membuat petahana gampang meraih kursinya lagi. Tiga petahana, justru ditantang sejumlah tokoh di Jabar. Mewakili kalangan buruh di Jabar, ada nama Muhamad Sidarta. Dia cukup terkenal karenakerap menyuarakan isu-isu populis seperti upah minimum dan jaminan sosial bagi kerah biru.

Baca juga : Banteng Usung Harvey, Beringin Ingin Rebut Dua Kursi

Saat ini, Kang Darta, sapaannya, menjabat Ketua Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik dan Mesin (FSP LEM) dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Jabatannya saat ini jelas modal sosial untuk mengeruk suara.  Mewakili akademisi, ada Aa Abdul Rozak. Meski masih tergolong muda, namun pengalamannya di bidang akademik tidak main-main. Dia dosen BSI (Bina Sarana Informatika) Bandung. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.