Dark/Light Mode

Dapil Provinsi Kalimantan Utara

Nasdem ‘Jual’ Putra Gubernur, Politisi PAN Banting Setir

Sabtu, 16 Februari 2019 15:53 WIB
Arkanantana Arkam (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Jamaluddin Jafar (tengah) caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Dicky Wainai Usman (kanan) caleg dari Partai Gerindra.
Arkanantana Arkam (kiri) caleg dari Partai Nasdem, Jamaluddin Jafar (tengah) caleg dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Dicky Wainai Usman (kanan) caleg dari Partai Gerindra.

RM.id  Rakyat Merdeka - Dapil Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) adalah lahan baru bagi caleg. Satu petahana maju lagi. Tapi, anak kepala daerah, jenderal pensiunan TNI siap berebut kursi DPR. Dapil Kaltara ini seperti lapangan baru.

Sejak dimekarkan jadi provinsi, Kaltara belum sepenuhnya memiliki wakil rakyat di Senayan. Pada Pileg 2014, Provinsi Kaltara digabung dengan Dapil Kaltim.

Baca juga : 4 Mantan Bupati Lawan 5 Juara Bertahan

Pada Pemilu 2014, jatah kursi DPR untuk Dapil Kaltim-Kaltara adalah 8 kursi. Tapi, Pemilu 2019 kedua provinsi ini dipisah. Dapil Provinsi Kaltim dapat jatah 8 kursi.

Sedangkan Dapil Kaltara cuma 3 kursi DPR. Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada 43 caleg bakal bertempur di Dapil Kaltara yang meliputi wilayah Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung dan Kota Tarakan.

Baca juga : PAN Gaet Istri Gubernur, Awang Faroek Pilih Pasrah

Partai Nasdem, satu-satunya partai yang memiliki petahana di DPR. Partai bentukan Surya Paloh ini menempatkan Ari Yusnita, putri Walikota Tarakan dua periode (1999-2004 dan 2004- 2009), Jusuf Serang Kasim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.