Dark/Light Mode

Serahkan Urusan Reshuffle Ke Jokowi

Hasto Pasang Badan Untuk 5 Menteri PDIP

Senin, 13 Juli 2020 07:09 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto: Sekjen PDI Perjuangan)
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto: Sekjen PDI Perjuangan)

 Sebelumnya 
Namun terkait kinerja 5 menteri asal PDIP, Hasto mengklaim, sejauh ini masih baik. Bahkan terus menunjukkan soliditas yang kuat. Hasto mengatakan, PDIP selalu berupaya memaksimalkan kemampuan kadernya untuk meringankan kinerja Jokowi.

Dia menyebut, hal itu telah dilakukan 5 kadernya di kabinet. “Jadi, mereka menunjukkan kinerja terbaik bagi Pak Jokowi. Semuanya kan untuk bangsa dan negara Indonesia,” cetus politisi kelahiran Yogyakarta, 54 tahun silam ini.

Baca juga : Prabowo-Airlangga Balik Badan, Kemudian Tertawa

Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai, pernyataan Hasto bahwa PDIP tidak akan mencampuri urusan reshuffle sudah tepat. Sebab, jika rakyat mengetahui partai besutan Megawati Soekarnoputri ini ikut campur, bahkan mengintervensi kebijakan Presiden, maka yang kena getahnya adalah Jokowi dan PDIP itu sendiri.

Hanya saja, Hendri kurang sepakat soal pernyataan Hasto yang seakan menjamin kinerja kadernya sudah baik. Hendri mengatakan, yang tepat menilai kinerja pembantunya adalah sang majikan, dalam hal ini Presiden jokowi. “Sehingga, yang perlu digarisbahawi, nanti PDIP gak boleh baper (bawa perasaan) kalo memang ada kadernya yang diganti,” pesan Hendri saat dihu bungi rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : Korni: Kemarahan Jokowi Jadi Cambuk Bagi Menteri Kerek Kinerja

Menurutnya, kalaupun ada menteri dari PDIP direshuffle, maka penggantinya tetap dari partai yang sama. Apalagi, sebagai pemenang pemilu, PDIP punya nilai tawar yang sangat besar. “Tapi saya yakin, kalaupun Menkumham, Mensos, terus Menteri PPPA, dan ada beberapa menteri dari PDIP yang diganti Pak Jokowi, penggantinya tetap dari PDIP,” cetusnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.