Dark/Light Mode

Antisipasi Penularan Corona

Golkar Perketat Protokol Kesehatan Di Acara Bimtek Pendidikan Politik

Minggu, 26 Juli 2020 22:54 WIB
Peserta bimtek pendidikan politik Partai Golkar, tengah mengikuti pemeriksaan rapid test untuk bisa masuk ke dalam ruang acara.
Peserta bimtek pendidikan politik Partai Golkar, tengah mengikuti pemeriksaan rapid test untuk bisa masuk ke dalam ruang acara.

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendidikan Politik Partai Golkar diselenggarakan dengan menerapkan mekanisme protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Peserta dan panita penyelenggara diwajibkan mengikuti serangkaian pemeriksaan kesehatan, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh hingga pemeriksaan menggunakan alat rapid test.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar bidang Pemenangan Pemilu, Ahmad Doli Kurnia mengatakan peserta yang hadir dari daerah wajib melakukan rapid test sebelum memasuki ruang acara bimtek.

Baca juga : Kemendagri : Pilkada Digelar Sesuai Protokol Kesehatan dan Prinsip Demokrasi

“Ini standar wajib yang harus diikuti oleh semua peserta dan panitia penyelenggara. Kita juga bekerjasama dengan tim medis untuk melakukan pemeriksaan kesehatan para peserta bimtek,” ujar Ahmad Doli Kurnia kepada wartawan di Jakarta, Minggu (26/7).

Menurut Ahmad Doli Kurnia, setelah rangkaian pemeriksaan dan hasilnya dinyatakan negatif (non reaktif), para peserta bimtek memasuki ruangan acara dengan tetap memakai masker dan menjaga jarak (physical distancing).

“Pihak hotel dan panitia juga siapkan masker dan hand sanitizer di setiap sudut lokasi penyelenggaraan acara. Semua kita lakukan secara steril dan ketat,” katanya.

Baca juga : Anies: Pertempuran Masih Panjang, Protokol Kesehatan Jangan Kendor

Meja dan kursi para peserta di ruangan sidang juga diterapkan physical distancing dengan menjaga jarak 1 meter. Bahkan kapasitas gedung yang semula bisa menampung hingga 1000 orang, disusutkan menjadi maksimal 130 orang saja.

“Peserta di dalam ruangan maksimal cuma ada 130 orang. Sudah include dengan perangkat kepanitiaan. Prosedur ini akan tetap berlaku hingga bimtek seterusnya,” katanya.

Seperti diketahui, penyelenggaraan bimbingan teknis pendidikan politik Partai Golkar soal sosialisasi peraturan perundang-undangan ini digelar dalam rangka Pilkada Serentak 2020.

Baca juga : Jambi Percepat Pelaksanaan Penanganan Dampak Perubahan Iklim

Rencananya, acara Bimtek diselenggarakan sampai pertengahan Agustus 2020. Acara bimbingan teknis ini digelar dalam 3 tahap dengan 6 gelombang peserta.

Para peserta akan dibekali materi dengan mengundang KPU, Bawaslu, DKPP dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai narasumber. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.