Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Zulhas Ajak Kader Kerja Nyata

Presiden Jokowi Percaya PAN Senapas Dengan Pemerintah

Senin, 24 Agustus 2020 05:57 WIB
Potong Tumpeng : Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkfli Hasan memotong tumpeng didampingi Ketua Dewan Kehormatan Soetrisno Bachir (tiga kiri), Ketua Majelis Pertimbangan (MPP) Hatta Radjasa (kedua kiri), Sekjen Eddy Soeparno (kedua kanan) dan anggota DPR Fraksi PAN Yandri Susanto (kiri) pada HUT ke-22 PAN yang mengusung tema “Tegaskan Komitmen Membantu
Rakyat” di Jakarta, kemarin. (Foto : Sofhan Wahyudi/RM)
Potong Tumpeng : Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkfli Hasan memotong tumpeng didampingi Ketua Dewan Kehormatan Soetrisno Bachir (tiga kiri), Ketua Majelis Pertimbangan (MPP) Hatta Radjasa (kedua kiri), Sekjen Eddy Soeparno (kedua kanan) dan anggota DPR Fraksi PAN Yandri Susanto (kiri) pada HUT ke-22 PAN yang mengusung tema “Tegaskan Komitmen Membantu Rakyat” di Jakarta, kemarin. (Foto : Sofhan Wahyudi/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada Partai Amanat Nasional (PAN) yang merayakan hari jadinya ke-22. Presiden percaya semangat PAN sejalan dengan pemerintah.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka peringatan HUT PAN secara virtual, kemarin. Acara digelar di markas DPP PAN, Jakarta.

Menurut Jokowi, pandemi corona yang terjadi saat ini dapat dilalui secara bersama-sama. Krisis saat ini dilihatnya sebagai momentum untuk mengeksekusi trategistrategi besar negara.

“Saya percaya PAN sejalan dengan semangat yang saya sampaikan tadi, sejalan dengan semangat pemerintah yang sedang jalan. Kita harus bergerak serentak mendobrak semua tantangan dengan melakukan langkah-langkah perbaikan yang extraordinary,” ujar Jokowi.

Jokowi pun tidak lupa mengucapkan selamat kepada PAN yang merayakan hari jadi ke-22. “Selamat hari jadi ke-22 Partai Amanat Nasional, semoga Allah senantiasa memberikan rahmat, berkah dan kesuksesan, dan ridhonya kepada kita semuanya,” ujarnya.

Baca juga : Presiden Jokowi Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan di TMP Kalibata

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas mengatakan partainya siap membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Menurutnya, komitmen ini merupakan bentuk perjuangan PAN dalam membela kepentingan masyarakat baik saat di dalam ataupun di luar pemerintahan.

“PAN siap membantu pemerintah dan masyarakat untuk menghadapi krisis akibat Covid19 ini. Semua elemen dan kader PAN terlibat sepenuhnya,” ujar Zulhas dalam pidatonya.

Saat ini, ia mengatakan, diperlukan kerja sama banya pihak untuk melewati krisis yang tengah terjadi. “Di tengah pandemi Covid-19 serta ancaman krisis multidimensional, partai politik dituntut untuk menjadi solusi bagi persoalan bangsa yang sedang dihadapi,” ujar Zulhas.

Pada usia ke-22, usia PAN seperti pertumbuhan seorang individu, di mana manusia dianggap dewasa. Untuk itu, sudah sepantasnya partai menunjukkan sikap kedewasaan.

Baca juga : Jokowi Berusaha Nyenengin Semua Orang

Salah satu tanda kedewasaan, kata Zulhas, adalah bertanggung jawab terhadap tugasnya. Karena itu, PAN harus hadir dan membantu masyarakat.

“Untuk menjadi jalan keluar bagi berbagai persoalan yang tengah dihadapi bangsa. Kiprahnya selama 22 tahun membuktikan bahwa partai ini terus konsisten mengawal agenda reformasi, dengan segala dinamika yang dihadapi,” ujar Zulhas.

Lanjutnya, sikap partai pun juga harus semakin dewasa. Tidak cukup tampil kritis dengan kritik dan maki-maki saja.

“Maka kita harus mengambil tanggung jawab, ikut bersama-sama pemerintah, membantu, kita meyakini tidak cukup mengkritik apalagi memaki-maki,” ujar Zulhas.

Zulhas menyebut kondisi bangsa bahkan dunia saat ini sedang mengalami kesulitan dan krisis. Krisis kesehatan, yang akan melahirkan krisiskrisis lainnya.

Baca juga : Fadli Zon: Terima Kasih, Ini Penghargaan Untuk Rakyat

Nah, di tengah gelombang kesulitan luar biasa ini, Zulhas mengajak PAN untuk memberikan bantuan kepada pemerintah dan masyarakat.

“Berdosa kita kalau kita tidak memberikan itu, saudara-saudara,” ujar mantan Ketua MPR ini. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.