Dark/Light Mode

Kasih Bintang Ke `Kawan` dan `Lawan`

Jokowi Berusaha Nyenengin Semua Orang

Jumat, 14 Agustus 2020 07:27 WIB
Presiden Jokowi (jas biru) saat memberikan Bintang Kehormatan dan tanda jasa kepada 53 tokoh di Istana Kenegaraan, Jakarta, Kamis (13/8). (Foto: Sekretariat Kabinet)
Presiden Jokowi (jas biru) saat memberikan Bintang Kehormatan dan tanda jasa kepada 53 tokoh di Istana Kenegaraan, Jakarta, Kamis (13/8). (Foto: Sekretariat Kabinet)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kasih bintang kehormatan dan tanda jasa, kemarin. Tak hanya kepada kawan, kepada lawan pun, Jokowi tetap memberikannya. Keputusan ini mendapat apresiasi. ini membuktikan Jokowi sedang berusaha menyenangkan semua orang.

Prosesi pemberian tanda kehormatan digelar di Istana Negara, Jakarta. Total, ada 53 tokoh yang dianugerahkan Bintang Tanda Jasa dan Kehormatan. Kebanyakan tokoh yang memperoleh bintang penghargaan ini adalah mantan pimpinan tinggi lembaga negara dan para pejabat eselon satu di kementerian. Misalnya, hampir semua pimpinan lembaga tinggi negara, seperti DPD, DPR dan MPR memperoleh penghargaan.

Baca juga : Mantu Jokowi Ogah Disebut Ingin Bangun Dinasti Politik

Selain itu ada juga akademisi, dokter dan perawat. Siapa saja yang menerima penghargaan? Tanda Jasa Medali Kepeloporan dianugerahkan kepada dua orang yaitu Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan mantan Kepala Pelaksana Harian BKNN Komjen (Purn) Ahwil Lutan.

Jokowi juga menganugerahkan Bintang Mahaputra Utama kepada dua orang yakni mantan Ketua DPD Oesman Sapta dan mantan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Selain itu, Bintang Mahaputera Nararya dianugerahkan kepada 7 orang antara lain mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon.

Baca juga : Stok Beras Masih Melimpah, Mentan Panen Raya Di Bangka Selatan

Jokowi juga menganugerahkan Bintang Jasa kepada 41 orang. diantaranya, mantan Ketua DPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan lainnya. Dalam kesempatan itu, eks Gubernur Jakarta itu juga memberikan tanda kehormatan Bintang Penegak Demokrasi Utama kepada Prof Jimly Asshiddiqie, sebagai mantan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

Dari daftar penerima tersebut, ada dua tokoh yang jadi sorotan. Mereka adalah Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Maklum saja, keduanya dikenal sebagai lawan politik Jokowi. Semasa menjabat pimpinan DPR periode 2014-2019, keduanya kerap melayangkan kritikan pedas kepada Jokowi.

Baca juga : Kawan dan Lawan Tawarkan Bantuan

Ada sebagian pihak, terutama para pendukung Jokowi, menilai pemberian tanda kehormatan kepada dua tokoh tersebut tak pantas. Sebagian lagi menilai, pemberian bintang tersebut untuk membungkam tokoh yang selama ini lantang mengritik pemerintah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.