Dark/Light Mode

Cuma Kalah Di Sumatera

Jokowi Diprediksi Unggul Hampir Di Semua Wilayah

Sabtu, 16 Maret 2019 07:29 WIB
Pasangan Paslon 01 Jokowi dan KH Maruf Amin. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).
Pasangan Paslon 01 Jokowi dan KH Maruf Amin. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebulan jelang hari pencoblosan, Paslon 01 Jokowi-Amin terus menunjukkan keperkasaannya. 01 unggul hampir di semua wilayah Indonesia. Hanya Sumatera yang kalah.

Demikian hasil survei Alvara Research pada 12 Februari - 2 Maret 2019. Survei ini melibatkan 1.201 responden dari seluruh Indonesia. Margin of error dalam survei ini plus-minus 2,88 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Lagi, Jokowi-Ma’ruf Unggul Di Survei

“Elektabilitas pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin sebesar 53,9 persen. Sedangkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 34,7 persen. Yang belum memutuskan sebesar 11,4 persen,” ujar CEO dan Founder Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, di Hotel Oria Jakarta, Jumat (15/3).

Dibanding survei Alvara sebelumnya, elektabilitas kedua paslon tercatat mengalami penurunan. Pada survei Desember 2018, Paslon 01 meraih 54,3 persen.

Baca juga : Unggul 20% Dari Prabowo, Jokowi Diprediksi Menang Mudah

Sementara Prabowo-Sandi 35,1 persen. “Sementara untuk undecided voter-nya lebih kecil dibanding sekarang, yakni10,6 persen,” katanya. Melihat tren yang ada, Hasanudin menyebut peta kekuatan antar paslon masih bisa berubah.

Namun perubahannya relatif kecil. Artinya, tidak akan merubah posisi kedua paslon. “Kondisi ini berlaku jika tidak ada sebuah perlakuan, maupun peristiwa yang mengubah persepsi, perilaku, dan emosional pemilih,” ujar Hasanuddin.

Baca juga : Jokowi : Dulu Kita Impor Jagung 3,5 Ton, Sekarang Kecil Sekali

Terkait penyebaran kekuatan, Paslon 01 unggul hampir di seluruh area kepulauan, kecuali Sumatera. Di Sumatera, Jokowi-Ma’ruf hanya mendapat 40,2 persen, sedangkan Prabowo-Sandi meraih 46,3 persen.

“Untuk setiap wilayah di Sumatera Pak Prabowo unggul karena basisnya mereka memilih Pak Prabowo,” jelas Hasanudin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.