Dark/Light Mode

Demokrat Minta Kader Kawal Suara

Sabtu, 12 Desember 2020 09:15 WIB
Wakil Sekjen Partai Demokrat, Renanda Bachtar. (Foto: Facebook)
Wakil Sekjen Partai Demokrat, Renanda Bachtar. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPP Partai Demokrat mengintruksikan kepada seluruh kader dan pengurus di daerah yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), untuk mengamankan hasil suara yang telah didapat, agar tidak berkurang, atau dicuri pihak lain.

“Pastinya ada pengawalan. Kita minta kader partai pantau benar distribusi suara dari TPS sampai KPUD,” ujar Wakil Sekjen Partai Demokrat, Renanda Bachtar kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Tak hanya kader, tim pemenangan dan masyarakat juga diharapkan bisa memantau hasil suara pilkada di daerahnya masing-masing. Sebab, dalam sistem demokrasi saat ini praktik permainan suara masih cukup tinggi.

Berita Terkait : KPU Diminta Beri Penjelasan

Karena itu, Renanda berpesan kepada aparat dan penyelenggara pemilu agar bekerja dengan baik. Tidak melakukan tindakan yang bisa mencederai demokrasi yang telah digelar dengan biaya yang sangat besar.

Sementara Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani menambahkan, bahwa proses pengamanan suara di daerah dengan sistem shift kerja. “Bergantian memantau dari TPS sampai ke KPUD,” katanya.

Kebijakan ini dilakukan agar suara yang diraih oleh calon kepala daerah dari Partai Demokrat tidak dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab. Tak hanya saksi, tim Satuan Tugas (Satgas) Pilkada juga melakukan monitoring dan pendampingan di lapangan.

Berita Terkait : Gibran Cagub DKI Disuarakan Netizen

“Andai ada temuan, bisa langsung dilaporkan ke Satgas dan ke Tim Hukum Partai Demokrat,” ujar dia.

Saat ini, Partai Demokrat mengklaim memperoleh kemenangan di 143 daerah dari 241 Pilkada kabupaten/kota yang diikuti atau 55 persen dari total 261 Pilkada kabupaten/kota dalam Pilkada serentak 2020.

Menurut Kamhar, kemenanganyang diraih sangat membanggakan dan memiliki arti pentingyang bernilai strategis bagi Partai Demokrat. Karena Demokrat menganut konsep tiga pilar sukses pemilu. Yaitu sukses Pilkada, sukses Pemilu Legislatif (Pileg) dan sukses Pemilu Presiden (Pilpres).

Berita Terkait : Ingat, Jangan Arak-arakan Yang Memicu Kerumunan

Ketiganya, lanjut Kamhar, secara empiris berkorelasi erat dan memiliki hubungan timbal balik yang kuat. “Karenanya, sukses Pilkada ini membangkitkan optimisme akan kesuksesan Pemilu 2024, Pileg dan Pilpres,” tutupnya. [REN]