Dark/Light Mode

Vasco Gerindra Bangga Idolakan Soeharto

Sabtu, 26 Desember 2020 11:12 WIB
Ketua DPP Gerindra, Vasco Ruseimy. (Foto: Facebook)
Ketua DPP Gerindra, Vasco Ruseimy. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerakan Indonesia Raya (DPP Gerindra) Vasco Ruseimy mengaku bangga, mengidolakan sosok Presiden kedua Indonesia, Soeharto.

Sekalipun bukan pilihan biasa bagi para generasi muda yang tumbuh di era reformasi ini, baginya, Soeharto merupakan sosok pemimpin bangsa yang hebat dan punya kebijakan fenomenal.

“Pak Harto itu banyak sisi-sisi yang perlu kita pelajari. Khususnya bagi kita para generasi muda,” ujar Vasco, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca Juga : Prancis Deg-degan Dihantam Gelombang Corona Jenis Baru

Mantan politisi Partai Berkarya itu menyebut, sosok Soeharto sangat peka memilih para pejabat. “Right man in the right place,” katanya.

Kebijakan fenomenal yang dia maksud, misalnya, Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa (Kelompencapir). Mirip kompetisi cerdas cermat, namun pesertanya para petani berprestasi. Program ini, ikut andil kala Indonesia mencapai swasembada pangan dan mendapatkan penghargaan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) pada 1984.

Selain itu, lanjut Vasco, masalah transmigrasi. Termasuk Indonesia di era Soeharto menurutnya juga pernah menjadi Macan Asia. “Banyak bangetlah pemikiran beliau yang fenomenal,” ujarnya.

Baca Juga : Buru Singgasana Kedua

Politisi berusia 34 tahun ini juga mengagumi kemampuan manajemen konflik Soeharto, yang bisa membuat Indonesia stabil baik secara politik, maupun ekonomi. Dua indikator itu membuat Indonesia di era Soeharto merasa tentram. “Banyak program dan pemikiran Pak Harto yang masih bisa diterapin di negara kita,” sebut Vasco lagi.

Dia juga merasa tak sendirian sebagai pengagum Soeharto. Meski hanya sedikit yang terbuka mengklaim diri mengidolakan Soeharto. “Buktinya, Pak Harto secara survei masih yang terbaik. Tandanya, itu kan silent majority. Ternyata banyak juga yang mengagumi gaya kepemimpinan Soeharto,” tutupnya.

Seperti diketahui, Lembaga Survei Indo Barometer pada awal 2020 merilis hasil survei yang menilai Soeharto adalah presiden yang paling disukai masyarakat. Persentasenya, Soeharto (23,8 persen), kemudian Joko Widodo (23,4 persen), Soekarno (23,3 persen), kemudian Susilo Bambang Yudhoyono (14,4 persen).

Baca Juga : Yes, Alat Deteksi Covid GeNose UGM Sudah Dapat Izin Edar

Alasan Soeharto menjadi presiden paling disukai, karena pada zaman Orde Baru yang dipimpinnya saat itu, fasilitas yang diberikan serba lengkap. [BSH]