Dark/Light Mode

Ma’ruf: Ada Yang Bilang Sebentar Lagi Saya Mati

Rabu, 27 Maret 2019 07:21 WIB
Cawapres 02 KH Maruf Amin, saat bersilaturahmi derngan jamaah Thoriqoh Qoodiriyah Naqsyabandiyah di Masjid Shidiq Zarkasyi, Berjan, Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (25/3). (Foto: Twitter @KHMarufAmin_)
Cawapres 02 KH Maruf Amin, saat bersilaturahmi derngan jamaah Thoriqoh Qoodiriyah Naqsyabandiyah di Masjid Shidiq Zarkasyi, Berjan, Purworejo, Jawa Tengah, Selasa (25/3). (Foto: Twitter @KHMarufAmin_)

 Sebelumnya 
Selain itu, Ma’ruf juga mengisahkan dirinya kerap diisukan bakal segera meninggal. Mengingat, usia Rais Aam PBNU ini sudah cukup lanjut. 76 tahun.

Isu-isu miring yang kebanyakan beredar luas di media sosial itu disebutnya sangat keterlaluan. Keluarga Ma’ruf sampai tersinggung. “Dibilang sebentar lagi saya mati. Lah urusan mati itu bukan soal tua atau muda,” ujarnya.

Sekalipun tampak kecewa, Ma’ruf menanggapi isu bakal segera mati dengan kelakar. “Kalau saya mati ya tinggal diganti wakil presidennya. Kalau Pak Jokowi mati duluan sebelum saya, ya saya yang gantikan Pak Jokowi,” ujar Ma’ruf sambil terkekeh. Sontak, jamaah ikut tertawa.

Baca juga : Menteri Sofyan Manjakan Petani

Ma’ruf mengaku kerap geleng-geleng kepala, lantaran isu-isu miring itu kian tak masuk akal. Dia meminta masyarakat melakukan kroscek terhadap setiap informasi yang diterima.

Ma'ruf kembali meminta doa kepada jemaah. Dia yakin, banyak silaturahmi dan didoakan oleh jamaah akan mendatangkan berkah. “Saya berterima kasih, karena itu silaturahim saya hari ini buat saya sangat berharga. Karena di sini banyak ahli zikir di antara bapak ibu berdoa,” tandasnya.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Arsul Sani menyebut, pemilihan Ma’ruf sebagai cawapres Jokowi untuk saling melengkapi. Ma’ruf dipasang sebagai cawapres Jokowi guna menggaet suara pemilih muslim.

Baca juga : Ma’ruf Vs Sandi Bukan Sekadar Kiai Vs Santri

“Dulu kan salah satu yang dianggap ‘kekurangan Pak Jokowi’ adalah kemampuannya memperluas pangsa pemilih di segmen-segmen umat Islam. Ketika Kiai Ma’ruf Amin dipilih, sudah bisa mengisi ruang itu, ya sudah,” ujar Arsul di Gedung DPR, Selasa (26/3).

Di media sosial, sejumlah netizen mengomentari soal dua isu yang menyerang Ma’ruf. Salah satunya soal kemungkinan Ahok bisa menggantikan Ma’ruf jadi wapres.

“Ya bisalah, kalo pak kiai misalnya sampai dipanggil Tuhan alias wafat. Sampai di sini paham?” cuit @Sutendi7777. “Pak kiai sudah tua kalau meninggal akan diganti Ahok maksudnya. Bloon,” ujar @AbahHasan.

Baca juga : Disebut Simpanan Pengusaha, Dicintai Reino Sampai Mati

Banyak juga yang membela Ma’ruf. Malah, sampai mendoakan agar sang Kiai sehat terus. Salah satunya @po- san. “Wah, ternyata cawapres kita ini gurauannya ga kalah dengan capres- nya. Sehat selalu pak Ma’ruf Amin dan pakde Jokowi,” tulisnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.