Dark/Light Mode

Asiana Cup V, Ajang Uji Mental Usia Dini

Sabtu, 2 Maret 2019 18:43 WIB
Agus Gumiwang saat membuka Invitasi Asiana Cup V 2019 U-10 di Lapangan Panahan, Sabtu (2/3). (Foto : Wuryanyo/RM)
Agus Gumiwang saat membuka Invitasi Asiana Cup V 2019 U-10 di Lapangan Panahan, Sabtu (2/3). (Foto : Wuryanyo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak sembilan tim usia muda mengikuti perhelatan Asiana Cup V 2019 U-10 yang berlangsung Sabtu (2/3) dan Minggu (3/3) di lapangan Panahan Senayan Jakarta.

Sembilan tim tersebut adalah Asiana Soccer School, NFDP Malaysia, Villa 2000, Pelita Jaya, Cipta Cendikia, FU15, RMF UNY, UNI Bandung dan Tugu Muda Semarang. Perhelatan yang diselenggarakan selama dua hari itu sudah menjadi event berskala internasional, karena mengundang tim-tim usia muda di kawasan Asia Tenggara untuk beradu tanding dengan tim lokal.

Baca juga : Syukur, Tak Ada Yang Mengasingkan Diri

"Tim-tim yang kami undang adalah SSB SSB yang kami anggap telah berprestasi di setiap kelompok umur. Ini agar suasana persaingan juga lebih baik," ujar Agus Gumiwang seusai membuka Invitasi Asiana Cup V 2019 U-10 di Lapangan Panahan, Sabtu (2/3).

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK) menambahkan, ini momentum yang pas bagi persepakbolaan nasional untuk melakukan perubahan. "Tidak hanya sekedar reformasi saja tapi lebih dari itu revolusi total di persepakbolaan nasional khususnya PSSI," ujarnya.

Baca juga : Bagaimana Kalau Yang Lain Minta Dibebaskan?

Asiana Cup diharapkan bisa menjadi wadah bagi para pemain usia muda untuk semakin mengasah bakat mereka dalam sepakbola. "Ini adalah kejuaraan yang diselenggarakan oleh PT Asiana, di mana kami mempunyai spirit untuk meningkatkan anak-anak menjadi seseorang yang mempunyai karakter terutama untuk menjadi olahragawan," katanya.

Agus menambahkan, pihaknya konsisten menggelar kompetisi usia muda karena ingin mencetak pemain yang bisa membela tim nasional Indonesia di masa mendatang. “Setelah ini ada Asiana Cup VI. Event hanya untuk kelahiran 2009. Sebab, Asiana bertekad mencetak generasi emas sepak bola Indonesia,” tambah Agus.

Baca juga : Aksi Cowboy Yang Merenggut Nyawa Letkol

Selain itu, pihaknya juga bertekad menambah jumlah peserta pada Asiana Cup VI menjadi 12 kontestan. Untuk itu, panpel akan mengundang tim dari luar negeri seperti Thailand, Vietnam dan Singapura. “Dengan begitu, kualitas kompetisi makin membaik dan membuat anak-anak terbiasa bermain melawan tim dari luar negeri,” tegas Agus. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.