Dark/Light Mode

Survei CSIS: Jokowi-Maruf Masih Tetap Unggul

Kamis, 28 Maret 2019 16:15 WIB
Peneliti dari CSIS, Arya Fernandes, saat memaparkan hasil survei di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Kamis (28/3). (Foto; Istimewa).
Peneliti dari CSIS, Arya Fernandes, saat memaparkan hasil survei di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Kamis (28/3). (Foto; Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebuah lembaga survei; Center for Strategic and Internasinal Studies (CSIS) merilis hasil survei elektabilitas Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjelang Pilpres 2019. Hasilnya, Jokowi unggul dari Prabowo dengan selisih 18 persen.

Disampaikan peneliti dari CSIS, Arya Fernandes, saat memaparkan hasil survei di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Kamis (28/3),"Tingkat kemantapan pilihan pemilih sudah cukup tinggi. Migrasi pemilih antar-calon diprediksi tidak akan banyak terjadi. Pada masing-masing calon, tingkat loyalitas memilih sudah di atas angkat 80 persen. Tingkat kemantapan pemilih Jokowi-Ma'ruf sebesar 84,4 persen, sementara kemantapan pilihan Prabowo-Sandiaga sebesar 81,3 persen."
 
Survei tersebut dilakukan CSIS pada periode 15-22 Maret 2019. Margin of error survei ini kurang-lebih minus 2,21 persen dengan tingkat kepercayaan 95%. Lebih lanjut Arya mengatakan survei ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 1.960 responden yang dipilih secara acak bertingkat mewakili 34 provinsi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.

Baca juga : Surya Paloh Kampanyekan Jokowi-Maruf Pada Masyarakat Banggai

Dari hasil survei CSIS ini merekam pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul dengan elektabilitas mencapai 51,4 persen. Adapun Prabowo-Sandi mendapat elektabilitas sebesar 33,3 persen. Sementara yang tidak menjawab ada 14,1 persen. Ada juga yang belum menentukan pilihan sebanyak 1,2 persen. Rentang elektabilitas pasangan berkisar 49,19-53,16 persen untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf, sedangkan Prabowo-Sandiaga di kisaran 31,09-35,51 persen.

Berikut ini hasil survei CSIS mengenai elektabilitas capres-cawapres menjelang Pilpres 2019:
Jokowi-Ma'ruf: 51,4 persen
Prabowo-Sandi: 33,3 persen
Tidak jawab/rahasia: 14,1 persen

Baca juga : Jokowi Tetap Unggul, Meski Dilakukan Ekstrapolasi

Arya menambahkan CSIS juga menyurvei tingkat kemantapan pemilih kepada dua pasangan calon. Hasilnya, pemilih Jokowi-Ma'ruf mengaku sangat mantap memilih Jokowi sebesar 84,4 persen, yang menjawab kemungkinan masih berubah ada 15,6 persen. Sedangkan pemilih Prabowo-Sandiaga mengaku mantap ada 81,3 persen dan yang menjawab kemungkinan berubah ada 18,7 persen. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.