Dark/Light Mode

Fokus Lengkapi Struktur Pengurus Sampai Desa

NasDem Ingin Jadi Pohon Berakar Kuat

Senin, 1 Februari 2021 08:50 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Willy Aditya. (Foto: ANTARA)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Willy Aditya. (Foto: ANTARA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak mau ketinggalan denganpartai politik (parpol) lainnya, Partai Nasional Demokrat (NasDem) mulai mempersiapkan diri menatap Pemilu 2024.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Willy Aditya mengatakan, saat ini partainya sedang fokus melengkapi seluruh struktur kepengurusan sampai desa. “NasDem fokus pada beberapa hasil Kongres. Salah satunya, melengkapi struktur sampai Dewan Pimpinan Ranting atau DPRt (tingkat kelurahan atau desa),” ungkapnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Kendati begitu, Anggota Komisi I DPR ini mengakui, dalam prosesnya tidak gampang. Karena banyak desa atau kelurahan yang sulit diterobos. Tapi, lanjutnya, pengurus Partai NasDem di tingkat kecamatan yang ditugasi mencari tokoh untuk menjadi pengurus di kelurahan tidak boleh menyerah.

Baca juga : Besok Kapolri Baru Dilantik, Semoga Bawa Angin Segar Bagi Penegakan Hukum

Apalagi, kepengurusan di tingkat ranting merupakan ujung tombak suara partai di Pemilu 2024 mendatang. “Jika diibaratkan, partai itu seperti pohon. Semakin besar pohonnya, akarnya semakin kuat dan banyak,” ucap Willy.

Dalam proses pembentukan di tingkat desa, harus dibarengi program KTA-nisasi. Program ini adalah bagaimana masyarakat yang selama ini simpati dan memilih Partai NasDem untuk mendaftar sebagai anggota dan kader partai melalui KTA.

Sampai saat ini, program KTA-nisasi ini masih terus berjalan meski dalam situasi pandemi. “Targetnya proporsinal saja,” katanya.

Baca juga : NasDem Dan PKB Berebut Suara Akar Rumput Di Desa

Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), suara Partai Nasdem mengalami kenaikanyang cukup signifikan. Di Pemilu 2014, NasDem hanya mendapatkan 8.402.812 suara (6,72 persen). Sedangkan pada Pemilu 2019, NasDem memperoleh 12.661.792 suara (9,05 persen). Perolehan suara ini meningkat 4.258.980 suara atau meningkat 2,33 persen.

Selain agenda internal, Willy juga membeberkan, jika Partai NasDem sedang membangun solidaritas sosial di tengah situasi pandemi Covid-19. Seluruh pengurus dan anggota Partai NasDem agar membantu masyarakat di daerahnya masing-masing.

Untuk membantu korban bencana, Fraksi NasDem DPR menyumbang dalam bentuk uang sebesar Rp 600 juta, dari DPP Rp 500 juta dan DPD Kota Palu Rp 5 juta. Juga sejumlah barang berupa kebutuhan pokok korban bencana serta bantuan berupa bahan pokok dari sejumlah warga Palu. [REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.