Dark/Light Mode

Masuk Partai Favorit Rakyat

Demokrat Anggap Kerja Politiknya Tercapai

Senin, 1 Februari 2021 09:29 WIB
Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra. (Foto: Istimewa)
Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat bersyukur masuk tiga besar partai idaman yang akan dipilih rakyat, versi hasil survei nasional Indonesia Development Monitoring (IDM). Kepala Badan Komunikasi Strategis Dewan Pimpinan Pusat (Bakomstra DPP) Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menilai, hasil survei itu merupakan penghargaan masyarakat terhadap kinerja politik Partai Demokrat satu tahun terakhir.

“Demokrat dengan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memiliki komitmen tinggi dan tekad kuat memperjuangkan harapan rakyat di segala lini,” ujarnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dikatakan, secara simultan para kader Demokrat bekerja untuk rakyat. Misalnya, menolak Rancangan Undang Undang (RUU) Cipta Kerja, dan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Ketika Indonesia dilanda pandemi Covid-19, seluruh kader Demokrat diinstruksikan Ketum AHY untuk turun gunung ke lapangan, membantu masyarakat. “Miliaran rupiah dana swadaya pengurus dan kader Partai Demokrat di seluruh Indonesia digunakan untuk membantu pencegahan Covid-19,” ucapnya.

Baca juga : Zainudin Amali Ingatkan ASN Kerja Kreatif di Tengah Pandemi

Herzaky menceritakan, saat ini Partai Demokrat fokus membantu masyarakat di masa pandemi Covid-19. Bagi yang ekonominya terdampak, dibantu dengan beragam program seperti Bina Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), hingga Wifi gratis.

Selain itu, pengurus dan kader Demokrat bergerak cepat dan responsif saat Indonesia dilanda beragam musibah. Bantuan untuk para warga terdampak, korban banjir atau gempa misalnya, di Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, maupun Jawa Barat, segera dialirkan oleh para pengurus dan kader.

“Respons dan apresiasi positif dari bisa dilihat dari hasil Pilkada 2020. Banyak kader dan pasangan yang kami usung, dipercaya rakyat,” ujarnya mengklaim.

Tak hanya survei IDM, kata Herzaky, belakangan sejumlah lembaga merilis survei, elektoral Demokrat dianalisa terus naik secara signifikan. “Tentunya kami sangat bersyukur. Namun bagi kami, survei yang tinggi bukan tujuan utama,” tukasnya.

Baca juga : PT Dinaikkan, Keran Demokrasi Dimatikan

Dijelaskan, tujuan Partai Demokrat adalah memperjuangkan harapan rakyat, seperti yang selalu diingatkan Ketua Umum AHY. “Di dalam atau di luar pemerintahan, bukan indikator untuk bisa berbuat yang terbaik untuk masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkasnya.

Indonesia Development Monitoring (IDM) merilis survei terbaru tentang partai politik menjelang Pemilu 2024. Kejutannya, Partai Demokrat masuk ke peringkat tiga besar, di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Golongan Karya (Golkar).

“Kita bertanya tentang parpol mana yang akan dipilih jika Pemilu digelar hari ini. Pertanyaan ini juga dilakukan tanpa menyebut nama-nama partai kepada responden,” ujar Direktur Eksekutive IDM, Tri Permadi.

Di peringkat pertama ada PDIP dengan 16,7 persen. Kedua, Partai Golkar dengan skor tipis 16,1 persen, kemudian di posisi ketiga, Partai Demokrat sebesar 11,6 Persen. Demokrat termasuk kejutan karena di Pemilu 2019 lalu finishdi peringkat ketujuh.

Baca juga : Demokrat Tegaskan Lawan Kecurangan

Selanjutnya di peringkat empat, ada Partai Kebangkitan Bangsa (8,9 persen), berikutnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 6,6 persen, Nasional Demokrat (NasDem) 6,2 persen, Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 5,2 persen, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 2,3 persen, Partai Amanat Nasional (PAN) 2,1 persen.

Selanjutnya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak 2,1 persen. Hati Nurani Rakyat (Hanura) 1,4 persen, Partai Gelora 1,1 persen, Partai Bulan Bintang (PBB) 1,1 persen, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) 0,7 persen.

Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 0,7 persen. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) 0,2 persen, Partai Berkarya 0,2 persen, dan yang tidak memberikan pilihan sebesar 16,8 persen. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.