Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Vaksin Covid-19 Gratis, Rakyat Rasakan Langsung Kehadiran Negara

Kamis, 17 Desember 2020 14:21 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi keputusan Pemerintah yang membebaskan semua elemen rakyat dari beban biaya vaksinasi Corona. Dengan keputusan itu, seluruh elemen rakyat dapat melihat dan merasakan langsung kehadiran serta peran negara melindungi semua orang. 

"Dengan pemerintah menanggung semua beban pembiayaan vaksinasi, keputusan itu menjadi aktualisasi dari politik hukum negara yang menempatkan kesehatan dan keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi di masa pandemi. Semua institusi negara harus mengamankan keputusan ini, agar pada waktunya nanti vaksinasi corona oleh negara tepat guna dan tepat sasaran,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, di Jakarta, Kamis (17/12).

Baca juga : PDI Perjuangan : Vaksin Covid-19 Gratis, Bukti Negara Hadir

Ketua DPR ke-20 ini mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Satgas Covid-19, dan manajemen PT Bio Farma merampungkan program kerja masing-masing terkait produksi dan pengadaan vaksin serta program vaksinasi. Sehingga, masyarakat mendapatkan informasi dan pemahaman yang benar. Serta, menutup celah pihak tertentu yang ingin mencari keuntungan pribadi.

"Masyarakat sangat antusias dengan rencana program vaksinasi Corona. Antusiasme masyarakat itu harus didukung dengan informasi yang benar dan akurat dari pemerintah,” saran Bamsoet.

Baca juga : Tekan Penyebaran Covid-19, Jateng Siapkan Rumah Karantina Di 82 Lokasi

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, masyarakat di berbagai daerah sangat ingin mengetahui rencana program vaksinasi yang dirancang pemerintah. Khususnya tentang jadwal, tempat atau fasilitas kesehatan yang resmi ditunjuk, hingga tata cara mendapatkan hak vaksinasi itu.

"Karena vaksinasi Corona sudah dipastikan gratis, semua pemerintah daerah harus mensosialisasikan informasi itu kepada masyarakat di daerahnya masing-masing hingga ke level rukun tetangga (RT), termasuk warga pedesaan. Masyarakat harus tahu tentang bebas biaya vaksinasi untuk mencegah penipuan atau pungutan liar," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.