Dark/Light Mode

Survei Charta Politika Sebut Hanya 7 Partai Diprediksi Lolos Ke DPR

Kamis, 4 April 2019 17:49 WIB
Parpol peserta Pemilu 2019. (Foto : KPU)
Parpol peserta Pemilu 2019. (Foto : KPU)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Survei Charta Politika merilis hasil survei yang dilakukan pada 19 Maret sampai 25 Maret 2019 soal elektabilitas partai politik. Hasilnya, hanya 7 partai politik alias parpol yang lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen.

Ketujuhnya adalah PDIP dengan elektabilitas 25,3 persen, Gerindra 16,2 persen, Partai Golkar 11,3 persen, PKB 8,5 persen, Partai Demokrat 5,2 persen, Partai Nasdem 5,2 persen, serta PKS 5 persen.

“Ada gambar dan nama partai. Ditanya, mana yang akan dipilih jika pemilu dilakukan sekarang? Hasilnya itu,” ujar Direktur Riset Charta Politika, Muslimin di Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

Baca juga : Hanya 8 Parpol Yang Lolos Ke DPR

Sementara 9 parpol yang tidak mencapai ambang batas parlemen atau parliamentary threshold adalah PAN yang hanya memperoleh 3,3 persen, kemudian PPP dengan 2,4 persen, PSI  2,2 persen, Perindo 2 persen, Hanura 1 persen, PBB  0,5 persen, PKPI dan Garuda 0,2 persen, serta Berkarya di urutan buncit dengan 0,1 persen.

Namun, Muslimin bilang, mempertimbangkan margin of error 2,19 persen serta pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 11,7 persen, 4 partai yakni PAN, PPP, PSI dan Perindo masih berpeluang lolos ke DPR. Sementara lima sisanya, Hanura, PBB, PKPI, Garuda dan Berkarya, kemungkinannya kecil.

“Elektabilitas kelima parpol tidak mencapai 4 persen meski sudah ditambah margin of error 2,19 persen. Secara teknis sulit bagi kelima parpol untuk lolos ambang batas,” ujar Muslimin.

Baca juga : Lembutnya Di Jokowi Kerasnya Di Prabowo

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 2000 responden yang terbesar di 34 provinsi. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error plus minus 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sehari sebelumnya, lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei mereka soal elektabilitas parpol. Hasilnya, 8 parpol diprediksi tidak lolos ke parlemen. Kedelapan parpol itu adalah Perindo dengan 2,6 persen, PAN dengan 2,2 persen, Hanura dengan 1,3 persen, PSI dengan 1,3 persen, Berkarya dengan 0,8 persen, PBB dengan 0,6 persen, serta Garuda dan PKPI dengan 0,2 persen.

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan 1.220 responden. Pengambilan data survei dilakukan pada 22-29 Maret 2019. Margin of error dalam survei sebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [OKT]

Baca juga : Presiden China Disambut Hangat Di Eropa

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :