Dark/Light Mode

Dukung Industri Rotan Di Cirebon

Jokowi Mau Bentuk Bulog Rotan

Jumat, 5 April 2019 21:53 WIB
Capres Nomor Urut 01 Jokowi di sela kampanye di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/4). (Foto: Facebook Jokowi)
Capres Nomor Urut 01 Jokowi di sela kampanye di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (5/4). (Foto: Facebook Jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Infrastruktur di Cirebon, Jawa Barat sudah lengkap. Ada Tol Trans Jawa, Bandara Kertajati, Jalur Kereta Bandung-Kertajati-Cirebon, Pelabuhan Patimban, dan Tol Cisumdawu. Banyaknya infrastruktur ini bisa menjadi penunjang industri rotan dan furnitur yang menjadi andalan Cirebon.

Untuk mengatasi problem suplai bahan baku rotan yang sering terhambat, Capres Nomor Urut 01 Jokowi menyatakan akan merancang Bulog khusus rotan. Dengan Bulog rotan ini, industri furnitur Cirebon tidak akan kekurangan bahan.

"Saya tahu problem bahan baku rotan yang tidak kontinyu. Terhambatnya suplai membuat perputaram ekonomi di kalangan pengrajin tidak lancar. Oleh sebab itu, saya akan merancang membuat Bulog khusus rotan," ucap Jokowi dalam kampanye di Gerbang Mekar, Cirebon, Jumat (5/4).

Baca juga : Kaum Hawa Condong Ke Jokowi, Kaum Pria Condong Ke Prabowo

Mekanismenya, kata Jokowi, pemerintah akan membeli stok dari petani rotan di Sulawesi atau Kalimantan, lalu disimpan di Bulog rotan yang dibangun di sekitar Cirebon. Setelahnya, pengrajin tinggal membeli rotan tersebut.

"Hal ini akan kami matangkan. Terutama jika saya masih dipercaya memimpin untuk periode kedua," terangnya.

Tak hanya khusus Cirebon, Bulog rotan itu juga akan mensuplai kota-kota yang banyak memiliki pengrajin rotan, seperti Solo dan Jepara. "Paling tidak, Bulog rotan itu bisa menjadi andalan pengrajin untuk bersaing dalam hal produk dengan rotan plastik. Rotan yang alami harus bisa bertahan," lanjutnya.

Baca juga : Di Jabar, Jokowi Unggul 1 Persen Dari Prabowo

Di kampanye itu, Jokowi juga kembali memamerkan tiga kartu saktinya. "Intinya, jika saya dipercaya kembali memimpin bangsa ini, saya sudah siapkan tiga kartu untuk semua warga, termasuk Cirebon. Agar semakin bergairah untuk memajukan daerahnya," urainya.

Terkait masalah kekeringan di wilayah Cirebon Utara, Jokowi merencanakan membangun berbagai embung dan irigasi. Dengan embung ini, pertanian akan tetap berjalan baik.

"Di beberapa daerah, embung-embung bisa mengatasi masalah kekeringan. Meski masyarakat di Cirebon Utara sebagian besar merupakan nelayan di saat musim angin barat, tapi mereka juga petani di saat tidak melaut. Embung-embung itu bisa membantu atasi problem kekeringan yang ada," tandasnya. [HEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.