Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Polri Tak Izinkan KLB Demokrat, Tapi Juga Tak Dibubarkan

Jumat, 5 Maret 2021 21:44 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. (Foto: Net)
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Polri tak mengeluarkan izin keramaian penyelenggaran Kongres Luar Biasa Partai (KLB) Partai Demokrat di The Hill Hotel and Resort, Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Polri tidak mengeluarkan izin," ujat Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikontak wartawan, Jumat (5/3). Kalau tidak diizinkan, kenapa tidak dibubarkan? "Salahnya apa?" tanya dia.

Argo menyebut, acara itu merupakan acara internal partai. Korps baju cokelat tidak mencampurinya. Polisi, kata eks Kabid Humas Polda Jawa Timur itu hanya bertugas menjaga keamanan dan mencegah konflik terjadi.

Baca juga : Dualisme Kepemimpinan, Demokrat Bisa Makin Ditinggalkan

Sementara soal penerapan protokol kesehatan (prokes), hal itu dikoordinasikan dengan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Daerah. "Mengenai prokes koordinasi dengan Ketua Gugus Covid daerah Sumut," ujar Argo.

Sementara, dalam konferensi pers tadi siang, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyatakan, acara KLB itu dipantau pihak berwenang.

"Di sana ada Satgas yang menangani itu semua. Kegiatan-kegiatan seperti itu tentunya akan dipantau oleh polda setempat," tuturnya.

Baca juga : Mau Bubarkan Paksa KLB Demokrat, Massa Pro-Kontra Bentrok

Terpisah, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, kepolisian tidak memiliki kewenangan untuk mencampuri urusan internal partai politik, termasuk Demokrat.

Dia mengatakan, korps bhayangkara hanya bertugas sesuai dengan tupoksinya, yakni menjaga kamtibmas tetap kondusif.

Hadi menegaskan, situasi KLB Partai Demokrat di Sibolangit berjalan aman dan kondusif, meski sempat terjadi bentrok antara massa pendukung dan penentang KLB.

Baca juga : Max Sopacua Pastikan, KLB Demokrat Sesuai Prosedur

"Kondisi aman dan kondusif, tidak ada berbuat anarkis apalagi memancing keributan di Sumut. Jika ada yang keberatan kegiatan ini silakan tempuh jalur hukum," imbau Hadi. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.