Dark/Light Mode

Nggak Nongol Seminggu

Moeldoko Dicari-cari Warga Dunia Maya

Sabtu, 13 Maret 2021 07:58 WIB
Moeldoko saat pidato pertama usai ditetapkan jadi Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang, Jumat malam (5/3). (Foto: Antara)
Moeldoko saat pidato pertama usai ditetapkan jadi Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang, Jumat malam (5/3). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak diangkat dan menerima kursi Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang, Moeldoko belum muncul lagi di hadapan publik. Moeldoko tak nampak di dunia nyata. Juga tak nongol di dunia maya. Warganet bertanya-tanya dan mencari-cari. Di mana Moeldoko? Ke mana Moeldoko?

Sejak KLB Deli Serdang, Jumat (5/3) pekan lalu, Demokrat gerbong Moeldoko sebenarnya sudah melakukan banyak kegiatan. Mulai dari persiapan untuk mendaftarkan kepengurusan ke Kemenkumham, sampai penentuan kantor DPP. Namun, Moeldoko tak pernah menunjukkan batang hidungnya. Akibatnya, informasi sering simpang siur. Seperti soal pendaftaran ke Kemenkumham. Ada yang bilang sudah, ada yang bilang belum.

Kamis lalu, para pengurus Demokrat versi Moeldoko menggelar konferensi pers di sebuah rumah di Jalan Terusan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat. Rumah ini disebut milik Moeldoko. Tapi, yang menemui wartawan saat itu hanya Darmizal, Jhoni Allen Marbun, Max Sopacua, Ilal Ferhad, dan Razman Arif Nasution.

Baca juga : Andi Merajuk Ke Mahfud

Ke mana Moeldoko? Jhoni Allen bilang, lagi sibuk menjalankan tugas sebagai Kepala Staf Presiden (KSP). "Beliau mengutamakan kepentingan tugas kenegaraan," kilah Jhoni yang didapuk sebagai Sekjen Partai Demokrat ini.

Darmizal menambahkan, rumah tempat mereka konferensi pers kebetulan sedang kosong. "Ibu beserta kerabat keluarga lainnya sedang di luar kota," ucap Darmizal.

Kondisi ini bikin Demokrat kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) geram. Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution sampai bertanya-tanya ke warganet mengenai keberadaan Moeldoko. 

Baca juga : Gerakan Gotong Royong Anies Bersama Warga Tangani Banjir Diapresiasi

"Di manakah Moeldoko? Hiruk pikuk tentang kudeta terhadap Partai Demokrat lebih dari 1 bulan terakhir terus menghiasi ruang publik. Keterlibatan orang luar, yaitu KSP Moeldoko jadi biang kerok penyebab. Namun di mana dia sekarang?" tanyanya di akun Twitter @syahrial_nst, kemarin.

Dia lalu membandingkan Moeldoko dengan AHY dalam menghadapi kemelut Demokrat. "Pak Moeldoko bersembunyi di balik bayangannya. Sementara Mas @AgusYudhoyono tampil di atas mimbar. Memimpin langsung pasukan," sindirnya. 

Bahkan, Syahrial juga bawa-bawa kisah pewayangan untuk menyentil Moeldoko. "Dalam kisah pewayangan, Ksatria pasti akan selalu berhadapan dengan Durno. Sulit, karena dia selalu bersembunyi," sindirnya.

Baca juga : Moeldoko Disarankan Bikin Partai Baru Saja

Mantan politisi PAN Mustofa Nahrawardaya ikut mencari-cari Moeldoko. "Pak Moeldoko sedang di mana? Kenapa tak ada bunga ucapan dikirim ke rumahnya? Apakah bakal ada episode perebutan kantor mirip Kuda Buta?" tulisnya di akun @TofaTofa_id. "Di mana Moeldoko," timpal akun @Dekur_Deni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.