Dark/Light Mode

Pasca Doa Lintas Agama

AHY Kumandangkan Sholawat Asyghil 

Senin, 15 Maret 2021 20:40 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut melantunkan Sholawat Asyghil yang berkumandang di halaman Masjid Ahyana di kompleks DPP Partai Demokrat.

“Waasyghili al-Dzolimin bi Dzolimin…, wa Wakhrijna Min Bainihim Salimin...”, ucap AHY.  “Wa’ala alihi washohbihi ajma’in.. Amin ya Allah…,”sambung AHY. 

Baca juga : Sumbar Mau Ganti Nama Jadi DI Minangkabau, Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi

  Meski bersuara lirih, AHY tampak benar-benar meresapi lantunan sholawat Asyghil tersebut.  Sholawat ini dilantunkan AHY saat berjalan menuruni anak tangga menuju acara peresmian Masjid Ahyana di Kantor DPP Demokrat.

Sebelumnya, AHY mengikuti acara doa bersama lintas agama di lantai 4 Wisma Proklamasi.   Sholawat Asyghil merupakan sholawat yang sangat populer di kampung-kampung dan masyarakat Muslim di tanah air.

Baca juga : Perpres 10/2021 Dorong Pebisnis Dalam Negeri Kembangkan Usaha

Sholawat Asyghil ini berisi doa seorang Mukmin untuk mendapatkan keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT dari serangan orang-orang yang Dzolim. 

Dalam lantunan sholawat tersebut, didoakan agar orang-orang yang Dzolim itu saling disibukkan dengan berbenturan satu sama lain, dan juga agar orang Mukmin yang didzolimi bisa terselamatkan dari tipu daya mereka yang Dzolim.  

Baca juga : The Saints Tanpa Andalan Sebulan

Untuk diketahui, sholawat Asyghil sendiri merupakan sholawat yang dipopulerkan oleh salah seorang Cucu Nabi Muhammad SAW, yaitu Imam Ja'far ash-Shadiq (wafat 138 H). Imam Ja'far hidup di akhir masa Dinasti Umawiyyah dan awal era Abbasiyyah, yang pada fase itu kondisinya penuh intrik dan konflik politik. 

Karena itu, Imam Ja'far ash-Shadiq selalu menyisipkan shlawat Asyghil dalam doa Qunut yang dibacakannya saat menjalankan sholat wajib. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.