Dark/Light Mode

Munarman Mau Bantu Kubu AHY, Kubu Moeldoko Sindir SBY

Jumat, 19 Maret 2021 01:48 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan petinggi Front Pembela Islam (FPI) Munarman mengaku siap membantu Partai Demokrat kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) jika diminta.

Menanggapi hal itu, salah satu penggagas Kongres Luar Biasa (KLB) Demokrat Deli Serdang, Hencky Luntungan, tak mempermasalahkannya.

Tapi dia memperingatkan, jika memang Munarman mendukung dan membantu AHY, maka ini menguatkan dugaan adanya hubungan Munarman dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan aksi 212 pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 lalu.

Baca juga : Kalau Ketemu Kubu Moeldoko Di Kemenkumham, AHY Mau Kasih Senyum

Saat itu, AHY merupakan salah satu dari tiga pasangan calon (paslon) gubernur Ibu Kota. "Silakan aja (Munarman beri bantuan hukum ke AHY). Semakin ketahuan belangnya Munarman, SBY, 212 dan tujuan akhir demo berjilid-jilid," tuding Hencky saat dihubungi wartawan, Kamis (18/3).

Kendati begitu, Hencky tak menjelaskan lebih rinci terkait maksud ucapannya tersebut. Yang pasti, ia menilai, Munarman tak mungkin begitu saja mau memberikan bantuan hukum jika tak ada hubungan dengan Demokrat sebelumnya. "Ya tidak mungkin kalau tiba-tiba nongol begitu," tegasnya.

Sebelumnya, Munarman menyebut siap membantu AHY. Dia menyatakan akan selalu berada di pihak yang terzalimi.

Baca juga : Analisa Guru Besar Unpar: Kisruh Demokrat Bidik SBY

"Bentuk pembelaan adalah secara hukum, itu pun kalau pihak AHY minta," kata Munarman dalam keterangannya, Kamis (18/3) malam.

Munarman enggan mengiyakan ketika ditanya pertemuannya dengan pengurus Partai Demokrat di tengah kisruh yang sedang terjadi. Dia hanya mengatakan bakal selalu berdiri di belakang mereka yang terzalimi.

"Jadi begini, prinsip saya dari dulu selalu membela pihak yang terzalimi. Jadi siapapun bila mengalami perlakuan zalim dari pihak lain, maka saya stand with them," tuturnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.