Dark/Light Mode

3.346 WNI Tunaikan Hak Pilih di Timor Leste

Selasa, 16 April 2019 20:24 WIB
Kerumunan WNI yang mengantre ingin mencoblos di KBRI Dili, Timor Leste, Sabtu (13/4). (Foto: KBRI Dili)
Kerumunan WNI yang mengantre ingin mencoblos di KBRI Dili, Timor Leste, Sabtu (13/4). (Foto: KBRI Dili)

RM.id  Rakyat Merdeka - Antusiasme WNI di Timor Leste dalam mengikuti Pemilu 2019, pada Sabtu (13/4) terbilang tinggi. Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dili bahkan membuka Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di KBRI Dili, hingga larut malam, pukul 21.45 WIT.

Hal itu dilakukan untuk mengakomodir para WNI yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN), agar dapat menggunakan hak pilihnya selama sisa surat suara masih ada.

Baca juga : Dikawal Polisi Timor Leste, WNI Antusias Beri Suara

Saking tingginya animo WNI yang memiliki hak pilih, Pemilu di Timor Leste juga sempat diwarnai aksi desak-desakan di pintu masuk KBRI Dili. Namun, hal itu tak sampai mengundang kericuhan.

Kerja sama yang baik antara PPLN Dili dan KBRI Dili, dengan Atase Pertahanan, Atase Polri, Petugas Pengamanan Pemilu dari Polri, dan 32 aparat Polisi Nasional Timor-Leste (PNTL) berhasil menjaga kelancaran hajat akbar 5 tahunan itu.

Baca juga : Partisipasi Pemilih Di Iran 96 Persen

Dalam keterangan resminya, Sekretaris PPLN Dili, Eka Putra Musa Mauboy mengatakan, total persentase kehadiran pemilih di Timor Leste mencapai 81,43 persen.

"Kebijakan perpanjangan waktu ini sangat membantu pelaksanaan Pemilu 2019 di Timor Leste. Semua calon pemilih yang telah mengantre dan sabar menunggu giliran, dapat menyalurkan aspirasinya dan dilayani oleh petugas TPSLN dengan baik," tutur Eka.

Baca juga : Animo WNI Tinggi, Polisi Timor Leste Ikut Bantu Pengamanan

Dijelaskan, pemungutan suara Pemilu Luar Negeri 2019 di Timor Leste bertempat di 7 TPSLN di KBRI Dili. Persentase kehadiran pemilih di wilayah ini mencapai 80,68 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.