Dark/Light Mode

Prediksi TKN, Jokowi Menang Dengan Selisih Di Atas 15 Persen

Selasa, 16 April 2019 17:40 WIB
Jokowi dan Prabowo dalam Debat Capres jilid IV, di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM).
Jokowi dan Prabowo dalam Debat Capres jilid IV, di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pilpres tinggal sehari lagi. Kedua tim sukses capres-cawapres sama-sama yakin, jagoan mereka menang. 

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodoi-Ma'ruf Amin, Irma Suryani Chaniago, yakin, jagoannya akan menang dengan selisih suara lebih dari 15 persen dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. “Insya Allah diberi rejeki oleh Allah SWT, tanggal 17 April kami menang (dengan selisih) di atas 15 persen,” ujar Irma, saat dikontak RMCO, Selasa (16/4). 

Keyakinan Irma didasari mayoritas hasil  survei yang memperlihatkan Jokowi-Ma'ruf selalu unggul. Jokowi-Ma'ruf selalu memperoleh dukungan di atas 50 persen. 

Baca juga : Partisipasi Pemilih Di Iran 96 Persen

Hasil survei Indo Barometer yang dilakukan pada 1-7 April 2019 misalnya, dukungan terhadap Jokow-Ma'ruf sebesar 59,9 persen dan Prabowo-Sandi memperoleh 40,1 persen suara. Selisih elektabilitas antara paslon nomor urut 01 dan 02 adalah sebesar 19,8 persen. 

Kemudian, hasil survei Charta Politika yang dilakukan pada 5-10 April 2019 memperlihatkan, 01 unggul dengan angka 55,7 persen. Sementara 02 meraih 38,8 persen. Selisih keduanya terbilang tinggi, 16,9 persen. 

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya menyebut, dari 55,7 persen pemilih 01, sudah 88,4 persen mantap memilih Jokowi-Maruf. Sementara 33,8 persen pemilih 02, sudah 87,8 persen yang mantap memilih Prabowo-Sandi. Angka yang sudah tinggi hampir 90 persen tidak akan berubah pilihan. 

Baca juga : Indonesia Masih Bisa Tumbuh Di Atas 5 Persen

Mengacu pada dua survei terakhir itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga meyakini, Jokowi-Ma’ruf mampu meraup lebih dari 58 persen suara. “Kami meyakini akan naik dari 58 persen,” tutur Hasto. 

Kubu Prabowo-Sandi juga optimis mereka yang akan menang. Juru Bicara Badan Pemenangan (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade menyatakan, pihaknya tidak berpatokan pada hasil survei yang mayoritas mengunggulkan Jokowi-Ma’ruf. 

“Insya Allah, kami optimis Pak Prabowo dan Pak Sandi akan unggul, 56-44 (persen). (Calon) 02 menang Insya Allah,” ujar Andre saat dikontak RMCO. 

Baca juga : Usai Debat, Jokowi Terbang Ke Tanah Suci Untuk Umrah

Keyakinan itu didasarkan pada hasil survei internal BPN yang hasilnya berbeda dengan hasil survei yang dilakukan lembaga survei mayoritas. Beberapa lembaga survei seperti Puspkaptis, juga merilis hasil yang menyebut Prabowo unggul atas Jokowi. Selain itu, BPN juga melihat pemetaan di lapangan. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.