Dark/Light Mode

Deklarasi Partai Ummat, Angkat Mantu Jadi Ketum

Amien Tidak “Wow” Lagi

Jumat, 30 April 2021 07:40 WIB
Amien Rais dan sejumlah pengurus saat deklarasi Partai Ummat di Yogyakarta, Kamis (29/4/2021). (Foto: YouTube/AmienRais)
Amien Rais dan sejumlah pengurus saat deklarasi Partai Ummat di Yogyakarta, Kamis (29/4/2021). (Foto: YouTube/AmienRais)

 Sebelumnya 
“Amien sebagai bapak reformis ternyata terseret juga dalam menempatkan keluarga dalam struktur partai,” katanya kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Dia menilai, sosok Amien belum tentu mampu membawa Partai Ummat lolos diverifikasi partai politik untuk pemilu 2024. Begitu juga lolos di Senayan.

“Dulu, memang Amien sempat menjadi darling dan dianggap sebagi icon bapak reformasi. Tapi pasca itu, momen itu sudah lewat. Sekarang, Amien tidak lagi terlampau spesial,” katanya.

Baca juga : Partai Ummat Dideklarasikan, Amien Rais Jadi Ketua Majelis Syuro, Wakilnya MS Kaban

Politisi PAN Guspardi Gaus menyerahkan ke publik untuk menilai sikap Amien yang mengangkat mantunya sebagai Ketua Umum Partai Ummat. Apakah itu nepotisme dan oligarki atau bukan.

“Masyarakat akan menilai apakah ini namanya oligarki atau partai dibentuk dalam sistem kerajaan dan sebagainya. Tentu masyarakat sudah cerdas, kita persilakan masyarakat menilai,” kata Guspardi saat dihubungi wartawan, kemarin.

Anggota Komisi II DPR itu enggan berspekulasi apakah Partai Ummat sengaja didirikan Amien untuk membangun dinasti politik atau tidak. Menurut dia, masyarakat yang akan menilai tujuan Amien mendirikan partai tersebut.

Baca juga : Kiprah Kartini KAI, Semangat Majukan Kereta Api Indonesia

Di dunia maya, kritikan keras juga disampaikan warganet terkait nepotisme di tubuh Partai Ummat. “Waduh trah keluarga nih ye,“ ledek @moentoel. “Kenapa nggak partai Rais aja ya kalo ketua-ketua nya sekeluarga?” sindir @obi_rbn.

Apa tanggapan Partai Ummat terkait serangan ini? Ridho Rahmadi yang jadi sasaran kritik menangkisnya. Ridho menyatakan tidak benar ada prioritas tertentu bagi orang-orang yang dekat dengan Amien di Partai Ummat. Ridho menjamin setiap kader dan anggota mempunyai kesempatan karir politik yang sama di Partai Ummat.

“Dari komposisi kepengurusan, saya pikir cukup berwarna. Ada memang unsur keluarga, tapi ada juga orang baru yang direkomendasikan sesuai ideologi perjuangan,” jawab suami dari Tasniem Rais, putri Amien ini. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.