Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Irjen Johni Asadoma Siap Maju lagi Jadi Ketum Pertina

Minggu, 22 November 2020 13:30 WIB
Irjen Johni Asadoma. (Foto: ist)
Irjen Johni Asadoma. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Johni Asadoma tidaklah asing di dunia tinju. Dia adalah mantan petinju tangguh Indonesia di awal tahun 1980-an. Populer saat berjaya sebagai atlet, setelah 36 tahun, dia tetap dikenal di dunia olahraga khususnya tinju. 

Hal ini karena totalitasnya didunia tinju dan juga karir cemerlang di profesinya sebagai seorang anggota Polri. Di saat karier tinjunya sedang di puncak, dalam usia yang masih sangat muda, 19 tahun, Johni mundur dari gemerlapnya kehidupan sebagai seorang juara demi meniti masa depan yang lebih menjanjikan. 

Keputusan untuk mundur dari dunia olahraga dan mencoba keberuntungan di dunia kepolisian. Ternyata keputusan tersebut sangat tepat karena Johni berhasil lulus dalam seleksi untuk masuk Akademi Kepolisian. 

Setelah lulus Akademi Kepolisian, kariernya perlahan tapi pasti terus menanjak, saat ini Johni berhasil mencapai pangkat Inspektur Jenderal Polisi atau Jenderal bintang dua dengan jabatan yang cukup bergengsi yaitu sebagai Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri. 

Baca juga : Indonesia Siap Menuju Neobank, Bank Mandiri Perkuat Ekosistem Digital

"Semua prestasi yang saya dapat ini berkat doa dari semua orang," kata Johni dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (22/11).

Bagaimana totalitasnya di dunia tinju? Johni memulai karier sebagai petinju di usia 15 tahun, di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Johni mengaku tak pernah bermimpi untuk menjadi seorang juara sampai ke tingkat internasional. Dia hanya berlatih dan karena hobi olahraga saja.

Prestasinya di skala nasional cukup mentereng. Di tahun 1982, Johni meraih medali perunggu pada Kejuaraan Nasional Tinju Senior di Semarang dan medali emas pada Kejurnas Tinju Senior/Pra-PON Lampung 1984. Ia juga pernah mendapatkan medali emas pada Piala Presiden XII tahun 1984 di Jakarta.

Untuk prestasi di tingkat internasional, dia pernah menyumbangkan medali emas pada Sea Games XII tahun 1983 di Singapura. Di tahun yang sama, dia juga sempat mewakili Indonesia dalam kejuaraan King’s Cup di Bangkok Thailand pada tahun 1983 serta mewakili Indonesia pada Olimpiade XXII tahun 1984 di Los Angeles AS walaupun gagal di babak penyisihan.

Baca juga : 4.260 Sambungan Jargas Baru Siap Beroperasi di Penajam Paser Utara

Tak hanya menjadi atlet tinju. Usai gantung sarung tinju, ia pun menjadi wasit yang juga punya prestasi baik secara nasional maupun internasional. 

Dilihat dari perjalanan karier di dunia olahraga, tidak banyak atlet yang mempunyai karier seperti Johni. Dimulai dari atlet, jadi pelatih nasional, wasit internasional, tim manager, penyelenggara event internasional, sampai menjadi ketua umum cabang olahraga.

Saat ini Johni mengemban tugas sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Nasional (Pertina) periode 2016-2020. Di bawah kepengurusan Johni, Pertina menorehkan banyak prestasi. Baik di nasional maupun internasional.

Pertina sebentar lagi juga akan melaksanakan Munas dengan salah satu agenda pemilihan ketua umum baru. Johni berniat akan ikut dalam pemilihan. Johni berjanji bekerja maksimal jika terpilih lagi.

Baca juga : Pengusaha IT Hingga Manufaktur China Jajaki Investasi Di Tanah Air

"Untuk membangun prestasi tinju Indonesia lebih baik lagi. Kekurangan yang ada harus diperbaiki dalam pembinaan kedepan," tegasnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.