Dark/Light Mode

Golkar Institute Diminta Cetak Kader Berkualitas

Sabtu, 8 Mei 2021 03:49 WIB
Ketua Umum Partai Golkar saat meresmikan Golkar Institute. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Golkar saat meresmikan Golkar Institute. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar perlu memaksimalkan keberadaan Golkar Institute untuk menghasilkan kader, calon legislatif dan calon kepala daerah yang berkualitas.

"Golkar dengan memiliki Golkar Institute harus bisa cetak anggota DPR baik pusat maupun daerah yang berkualitas, bukan seperti lagu Iwan Fals anggota DPR yang duduk diam dan cuma tau lagu setuju," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin kepada RM.id, Sabtu (8/5).

Keberadaan Golkar Institute, lanjut Ujang tentu bisa menjadi bekal bagi masyarakat umum yang ingin mendapatkan pendidikan politik.

Baca juga : UMKM Pilar Penting Perekonomian, Pemerintah Terus Beri Dukungan

"Masyarakat bisa belajar berpolitik dan mengetahui mekanisme pengambilan keputusan-keputusan," ujarnya.

Ujang meminta, calon anggota legislatif melalui partai Golkar tidak melalui proses yang instan. "Jadi tidak mentang-mentang memiliki popularitas tinggi maka diberikan tiket maju Pileg atau Pilkada," tegasnya.

Dari sisi melahirkan kepemimpinan daerah, Golkar Institute harusnya menggembleng para bakal calon dengan memberikan pendidikan anti korupsi dan memberikan pengetahuan yang cukup sebagai kepala daerah mengenai membangun daerah dan menghasilkan kebijakan yang pro rakyat.

Baca juga : MPR Dukung Pemerintah Bentuk Roadmap IHT Berkeadilan

"Ini penting agar calon kepala daerah dari Golkar tidak terjerat kasus korupsi. Dan yang penting bisa mensejahterakan rakyatnya dengan kebijakan- kebijakan yang tepat," jelasnya.

Golkar Institute diharapkan bisa menjawab keraguan pengamat politik bahwa saat ini partai lemah dalam melakukan kaderisasi yang baik dan berkualitas.

"Kita tunggu aja apakah Golkar Institute bisa menjawab keraguan pengamat, akademisi dan masyarakat dalam menghasilkan pemimpin berkualitas dan baik di eksekutif maupun legislatif," pungkasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.