Dark/Light Mode

Dipersilakan Keluar Kandang Banteng

Ganjar Lempar Bola Ke Mega

Kamis, 27 Mei 2021 07:20 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Posisi Ganjar Pranowo di PDIP makin ke sini, makin terjepit. Omongan dari rekan-rekannya sesama kader Banteng juga makin nyelekit. Bahkan, ada yang dengan lantang mempersilakan Gubernur Jawa Tengah ini angkat kaki dari kandang Banteng. Menjawab tantangan itu, Ganjar memilih lempar bola ke Ibu Banteng, Megawati Soekarnoputri.

Pasca rapat konsolidasi kader PDIP di Semarang, Jateng, Sabtu (22/5) lalu, serangan terhadap Ganjar dari rekan partainya sendiri, tidak berhenti. Dari yang awalnya sindiran halus, kini sudah sangat blak-blakan. Bahkan kader PDIP yang duduk di DPRD Provinsi Jateng, rame-rame mulai mengkritik keras Ganjar.

Terbaru, serangan disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP, Bambang Wuryanto atau akrab disapa Bambang Pacul. Tanpa ragu-ragu, Ketua DPD PDIP Jawa Tengah ini mempersilakan Ganjar bila ingin keluar dari PDIP.

Baca juga : Tambang Emas Martabe Gembleng Personel Pemadam Kebakaran

Kata dia, di PDIP, sudah banyak kader yang tidak puas dengan keputusan pimpinan pusat lalu keluar. Dia menyebut salah satunya eks Wagub Jateng, Rustriningsih. Padahal, kata Bambang, Rustriningsih itu salah satu kader perempuan yang dibanggakan Megawati.

“Ibu, statement di Jawa Tengah ‘Ini Srikandiku’, tapi ketika kemudian Bu Rustri pindah ke partai lain, Ibu marah enggak? Saya enggak tahu persoalan Ibu, tapi ada enggak ibu statement marah? Enggak ada,” kata Bambang di Jakarta, kemarin.

Anggota DPR ini mengaku tidak akan menghalang-halangi, bila Ganjar yang dianggapnya sangat berambisi menjadi capres ini, akan maju dari parpol lain. “Boleh enggak? Ya monggo kalau orangnya (Ganjar) mau, monggo. Sudah banyak contoh kok, banyak contoh di Jawa Tengah itu. Semua orang tahu, Ibu Rustriningsih,” tegasnya.

Baca juga : Hari Ini, Presiden Lantik Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB

Meskipun polemik di internal Banteng kian panas, hingga kemarin, belum ada klarifikasi langsung dari Megawati. Bahkan, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang sebelumnya juga sempat mengkritik Ganjar, enggan merespon pernyataan yang disampaikan Bambang Pacul.

Lantas apa tanggapan Ganjar? Ganjar bersikap seperti biasa. Ia tak seceplas-ceplos Bambang Pacul dalam berkomentar. Ketika ditanya bagaimana responnya ketika dipersilakan pindah partai, ia malah memutar pernyataan ke penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Peminat musik beraliran metal itu juga enggan menjawab ketika ditanya apakah masih berhusnuzon atau bersangka baik pada ketumnya, atau justru sudah memaknai pernyataan sosok yang karib disapa Bambang Pacul itu atas restu Megawati.

Baca juga : Pilihan Untuk Ganjar: Sabar Atau Minggat

“Saya masih konsentrasi menangani Covid. Rakyat masih perlu bantuan dan perhatian,” elak Ganjar ketika dikonfimasi Rakyat Merdeka, tadi malam.

Sebelumnya, Ganjar sudah “melempar bola” ke Megawati. Menurut mantan penghuni Senayan 2 periode itu, perseteruan antara dirinya dengan elit PDIP, biar menjadi urusan ketumnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.