Dark/Light Mode

Doni Monardo Pensiun 1 Juni

Hari Ini, Presiden Lantik Ganip Warsito Jadi Kepala BNPB

Selasa, 25 Mei 2021 09:51 WIB
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, hari ini akan diganti oleh Letjen TNI Ganip Warsito (Foto: Humas  BNPB)
Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, hari ini akan diganti oleh Letjen TNI Ganip Warsito (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Presiden Jokowi akan melantik Letjen TNI Ganip Warsito yang kini menjabat Kepala Staf Umum TNI, menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menggantikan Letjen TNI Doni Monardo yang akan pensiun dari dinas kemiliteran pada 1 Juni mendatang.

Pelantikan tersebut akan digelar pukul 10.30 WIB, setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di Istana Negara, Jakarta.

Terkait hal tersebut,  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, jabatan Kepala BNPB harus diisi perwira tinggi yang aktif.

Baca juga : Sah, Bahlil Jadi Menteri Investasi, Nadiem Jadi Mendikbud Ristek, Laksono Jadi Kepala BRIN

"Pak Doni akan pensiun pada 1 Juni 2021, sehingga harus diganti perwira tinggi TNI yang aktif," kata Hadi kepada wartawan, Selasa (25/5).

Doni menjabat Kepala BNPB sejak 9 Januari 2019. Menggantikan Laksda Purn. Willem Rampangilei.

Doni yang lahir di Cimahi pada 10 Mei 1963, merangkap jabatan sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 pada 19 Maret 2020.

Baca juga : Japto Ingin Hidupkan Lagi Partai Patriot

Per 20 Juli 2020, jabatannya berubah menjadi Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Dari rekam jejaknya, Doni yang merupakan jebolan Akademi Militer Angkatan 1985 dan SMAN I Padang ini, pernah bertugas di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD serta Pasukan Pengamanan Presiden (Paspamres).

Dia juga pernah menjabat sebagai Pangdam Siliwangi, Pangdam Pattimura, dan Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.