Dark/Light Mode

Wacana Presiden 3 Periode

Kubu Banteng Mulai Kasih Lampu Hijau

Senin, 31 Mei 2021 07:50 WIB
Politisi senior PDIP, Effendi Simbolon. (Foto: Istimewa)
Politisi senior PDIP, Effendi Simbolon. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Kalau nanti kita sudah memutuskan PPHN, maka presiden dan kepala daerah yang akan memimpin pasca 2024 harus mengacu pada visi misi negara ini,” jelas politisi yang biasa disapa Bamsoet ini, kemarin.

Eks Ketua Komisi III DPR ini memastikan, amandemen yang akan dilakukan kali ini benar-benar terbatas. Poin yang akan diubah dalam amandemen nanti hanya Pasal 3 saja. Itu pun hanya 1 ayat. Yaitu kewenangan MPR untuk menyusun dan membuat PPHN.

“Dan, satu ayat pada pasal 23 UUD 1945, dengan memasukkan kewenangan DPR untuk menolak RAPBN jika tidak sesuai dengan PPHN,” jelas Bamsoet.

Baca juga : Sri Mulyani Lempar Handuk

Sementara itu, di media sosial, isu jabatan presiden 3 periode mulai disinggung lagi sejumlah warganet. Bahkan, pegiat Twitter yang juga pendukung Jokowi, Denny Siregar baru saja membuat polling soal jabatan presiden 3 periode.

“Kok ada isu-isu mau mendorong @jokowi supaya 3 periode. Emang ada yang setuju kalau beliau 3 periode,” demikian polling yang dibuat Denny, Jumat (28/5).

Hasilnya, 56,9 persen di polling tersebut menolak usulan agar Jokowi memperpanjang masa jabatannya. Sisanya, mendukung dengan alasan tidak ada calon yang layak sebagai pengganti.

Baca juga : Mantan Jubir Presiden Wimar Witolear Tutup Usia

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio juga ikut gregetan soal wacana yang dilemparkan sejumlah pihak terkait masa jabatan 3 periode. Kata dia, usulan itu sama saja menginginkan kebangkitan masa orde baru.

“Bila ada yang ingin presiden lebih dari dua kali maka diduga dirinya adalah antek orde baru, emang nggak suka reformasi dan penjerumus Jokowi,” tandas Hensat di akun Twitter pribadinya, @satriohendri, Sabtu (29/5) lalu.

Cuitan Hendri mendapat balasan dari akun @purwanto010170. “Bukannya Jokowi yang mau???” timpalnya. “Nggak kok, katanya,” jawab Hendri. “Masih percaya pada the man of contradiction,” ucap @nami_indah, ikut nimbrung di cuitan Hendri. “Bukannya dulu juga katanya copras capres nggak mikir,” sebut @Nando_gondez, mengompori. “Pura-pura nggak mau kali,” tukas @imammunandar, meragukan sikap Jokowi menolak masa jabatan presiden 3 periode. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.