Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pendukungnya Deklarasi Capres

Ganjar Makin Tak Enak Sama Puan

Rabu, 2 Juni 2021 07:45 WIB
Relawan Ganjarist mendeklarasikan diri mendukung Gubernur Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 di Jakarta, Selasa (1/6/2021). (Foto: Dok. Ganjarist)
Relawan Ganjarist mendeklarasikan diri mendukung Gubernur Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 di Jakarta, Selasa (1/6/2021). (Foto: Dok. Ganjarist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gara-gara soal capres, hubungan Ganjar Pranowo dengan Puan Maharani dan beberapa kader banteng jadi memanas. Ganjar berkali-kali meredakan isu tersebut, antara lain dengan memuji-muji Puan dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu setinggi langit. Namun, di saat Ganjar ngerem urusin capres, pendukungnya malah ngegas mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah itu sebagai capres 2024. Kalau begini, Ganjar bisa makin tak enak hati sama Puan.

Kelompok relawan yang mendeklarasikan Ganjar sebagai capres itu diberi nama Ganjarist, singkatan Ganjar Pranowo untuk Indonesia Satu. Mazdjo Pray yang jadi ketua umumnya.

Dengan memakai kaus hitam bergambar Ganjar, para pendukung Ganjar ini berkumpul di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan, kemarin.

Baca juga : Ular Sanca Sepanjang Tiga Meter Bikin Takut Warga Pulau Pari

Pada intinya, mereka menilai Ganjar sebagai sosok yang tepat sebagai capres 2024.

“Kami menyepakati untuk mengusung Pak Ganjar Pranowo sebagai salah satu putra terbaik bangsa yang paling kompatibel melanjutkan apa yang sudah dikerjakan Pak Jokowi,” kata Mazdjo, saat konferensi pers.

Mazdjo menjelaskan, kelompok relawan Ganjarist ini terdiri dari berbagai unsur dan latar belakang, mulai dari aktivis, pengusaha, profesional, mahasiswa, sampai ibu rumah tangga. Mayoritas adalah pendukung Presiden Jokowi di Pilpres sebelumnya. Ia juga mengklaim Ganjarist memiliki jaringan di berbagai daerah, bahkan sampai di luar negeri.

Baca juga : Didukung Fitur Anyar, Transaksi Mobile Banking BNI Naik 50 Persen

Apa Ganjar sudah tahu deklarasi ini? Mazdjo mengklaim, pembentukan relawan ini bukan atas perintah atau permintaan Ganjar. Kata dia, pihaknya belum pernah berkomunikasi langsung dengan Ganjar. Namun, ia tak menampik kemungkinan Ganjar mengetahui adanya gerakan ini.

Kata dia, dengan adanya konflik dengan Puan kemarin, Ganjar pasti tak akan memperkeruh dengan menyuruh membentuk relawan. “Apakah Pak Ganjar tahu, ya mungkin secara tidak langsung dan kami sering berkomunikasi di sosmed, tapi ini bukan atas permintaan Pak Ganjar,” ungkapnya.

Bagaimana sikap Ganjar? Ganjar belum mau mengomentari gerakan relawan tersebut. Pesan yang dikirim Rakyat Merdeka tadi malam, belum dijawab.

Baca juga : Dukungan Kadin Daerah terhadap Arsjad Rasjid Semakin Menguat

Sejak hubungannya dikabarkan memanas dengan Puan lantaran tidak diundang di acara hajatan PDIP di Jawa Tengah, Ganjar berkali-kali mencoba meredakan isu tersebut. Saat ditanya soal ini, Ganjar selalu menjawab baik-baik saja atau memuji Puan setinggi langit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.