Dark/Light Mode

Dukungan Kadin Daerah terhadap Arsjad Rasjid Semakin Menguat

Jumat, 21 Mei 2021 18:29 WIB
Calon Ketua Umum Kadin Periode 2021-2026 Arsjad Rasjid. (Foto: Ist)
Calon Ketua Umum Kadin Periode 2021-2026 Arsjad Rasjid. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) VIII akan diselenggarakan pada minggu pertama bulan Juni di Bali dan rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menjelang perhelatan Munas, dukungan terus mengalir kepada calon Ketua Umum Kadin Periode 2021-2026 Arsjad Rasjid dari sejumlah pengurus Kadin Daerah.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banten, Mulyadi Jayabaya menyatakan, dukungan Kadin Provinsi terhadap Presiden Direktur Indika Energy Tbk itu untuk menjadi orang nomor satu di Kadin hampir mencapai 70 persen suara.

"Arsjad sudah luar biasa, dari 34 Provinsi sekarang sudah 23 (Provinsi) ke Arsjad, hampir 70 persen, kita semakin ke sini semakin solid," ujar Mulyadi, dalam siaran pers, Kamis (20/5).

Mulyadi yang juga mantan Bupati Lebak, Banten itu optimis, potensi Arsjad menggantikan Rosan P. Roeslani yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Duta Besar (Dubes) di Amerika Serikat itu sangat besar.

Baca juga : Gerakkan Literasi, Perpusnas Gelar Pameran Lukisan Menjawab Pandemi

"Potensi Arsjad menjadi ketua umum sangat besar dan kita berjuang bersama sama untuk Arsjad," ungkapnya.

Mulyadi menyebut, sosok Arsjad sebagai pengusaha kelas kakap yang memiliki banyak pengalaman jadi nilai plus. Arsjad juga didukung lantaran punya konsep ingin memajukan Kadin, dan tidak ingin Kadin hanya dimiliki oleh segelintir kelompok elite semata. Selain itu, Arsjad juga berkeinginan kuat untuk menggerakkan daerah.

Sebelumnya, Arsjad mengaku telah memperoleh dukungan dari 20 provinsi. Perwakilan dari tiap-tiap daerah itu telah mendeklarasikan dukungan secara resmi.

"Teman-teman hadir di acara deklarasi. Mereka dari Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Jakarta, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Jawa Tengah, Riau, NTT, Maluku, Jawa Timur, Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau," beber Arsjad.

Sementara untuk dukungan dari Jawa Tengah, Arsjad hadir dalam pertemuan di Semarang, yang dihadiri Ketua Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono dan Wali Kota Semarang Hendra Prihadi.

Baca juga : Dampingi Jokowi, Arsjad Rasjid Pantau Gelaran Vaksinasi Gotong Royong Perdana

Arsjad menambahkan, pertemuan itu merupakan silaturahmi di antara pengusaha yang merupakan pengurus Kadin.

"Ya silaturahmi kan baik, menjalin komunikasi supaya kerja sama kita yang di Kadin pusat dan di daerah semakin solid," tuturnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Gedung Suara Merdeka, Kota Semarang itu, para ketua Kadin Daerah se-Jateng menyampaikan dukungan terbuka bagi Arsjad untuk maju sebagai ketua umum Kadin.

Mereka berharap, kepemimpinan Arsjad dalam kepengurusan Kadin periode mendatang dapat mendorong pemulihan dunia usaha dari dampak pandemi.

Sementara Wali Kota Semarang Hendar Prihadi berharap Arsjad bisa memperkuat kolaborasi dunia usaha di bawah Kadin dengan pemerintah, khususnya di daerah.

Baca juga : Gerakan Jihad Islam Palestina Yakin Menang

Menanggapi dukungan tersebut, Arsjad menyampaikan terima kasih dan akan berusaha maksimal membawa aspirasi dari Kadin Daerah secara amanah.

Dia pun menegaskan visinya untuk menjadikan Kadin sebagai rumah bersama, serta menjadi jalan bagi dunia usaha untuk memulihkan kesehatan yang pada akhirnya membangkitkan ekonomi dari dampak pandemi.

"Kadin adalah rumah kita bersama. Rumah kita untuk tumbuh secara inklusif dan kolaboratif, dengan memperkuat peran swasta sebagai tulang punggung untuk memulihkan kesehatan dan membangkitkan perekonomian nasional," tegas Arsjad. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.