Dark/Light Mode

Sebelum Pemenang Pilpres Ditetapkan

MUI Bakal Kumpulkan Sejumlah Ormas Islam

Rabu, 24 April 2019 10:18 WIB
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid. (Foto: Majelis Ulama Indonesia).
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid. (Foto: Majelis Ulama Indonesia).

RM.id  Rakyat Merdeka - Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengadakan acara silaturahmi nasional. Berbagai ormas Islam akan diundang. Acaranya digelar sebelum KPU menetapkan pemenang Pilpres 2019.

Wakil Ketua MUI Zainut Tauhid mengatakan, silatnas ini penting untuk meredakan tensi politik. Ormas-ormas islam dianggapnya bisa ambil bagian untuk ikut meredamnya.

“Mudah-mudahan seperti itu (meredam ketegangan antar Ormas islam). Karena kita harus kembali kepada mekansme demokrasi,” ujar Zainut di Kantor MUI, Jakarta, Selasa (23/4).

Baca juga : Pasca Pilpres, Investasi Bakal Mengalir Deras

Rencananya, lanjut dia, silatnas akan digelar awal bulan Mei. Atau sebelum tanggal 22 Mei, waktu penetapan pemenang Pilprea 2019. “Insya Allah awal Mei bisa terlaksana,” jelasnya.

Politisi PPP ini lantas menyinggung soal ancaman people power. Salah satunya dari tokoh senior PAN Amien Rais. Kata dia, gerakan itu sulit terjadi.

“Kita berharap, bahwa yang tadi dikhawatirkan, seperti people Power dan pengerahan masa, mudah mudahan itu tidak terjadi. Penyelesaian masalah itu harus melalui jalur hukum,” kata Zainut.

Baca juga : Menang Pemilu Tak Boleh Halalkan Segala Cara

Namun Zainut sepakat dengan adanya kekurangan pada penyelenggaraan Pemilu. Namun dalam menyikapinya ia meminta agar masyarakat tidak bertindak diluar konstitusi.

Zainut mencontohkan misalnya jika ada pelanggaran Pemilu bisa diadukan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Cara lain, yakni bisa menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Saya kira ini mekanisme yang diberikan oleh undang-undang agar digunakan. Tidak kemudian dengan cara-cara yang justru bisa menciderai makna demokrasi itu,” pungkas Zainut.

Baca juga : Kemajemukan Adalah Takdir Bangsa Indonesia

Dia menambahkan, MUI mendukung usulan banyak pihak agar Jokowi dan Prabowo bisa bertemu karena bisa mend￾inginkan suasana.  [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.