Dark/Light Mode

Dukung Pemerintah Tangani Pandemi

Golkar: Kami Tetap Berkomitmen Prioritaskan Ekonomi Kerakyatan

Selasa, 22 Juni 2021 13:41 WIB
Anggota Komisi IX DPR dari Partai Golkar, Puteri Anetta Komarudin. (Foto: Instagram)
Anggota Komisi IX DPR dari Partai Golkar, Puteri Anetta Komarudin. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Hal senada diungkapkan VP Economist Bank Permata, Josua Pardede. Dia menilai, program PEN memberikan dua dampak positif pada perekonomian Indonesia. Pertama, terkait pengendalian Covid-19.

"Sejak Menko Airlangga yang mengumumkan diberlakukannya PPKM Mikro jumlah kasus Covid-19 mulai terjadi penurunan," tuturnya.

Baca juga : PT TASPEN (Persero) Gelar Vaksinasi Gotong Royong Untuk Karyawan Dan Keluarganya

Sementara yang kedua, anggaran PEN telah mampu mematahkan prediksi World Health Organization (WHO) yang memperkirakan tingkat kemiskinan di Indonesia bisa mencapai 11,8 persen. Sedangkan per September 2020, tingkat kemiskinan di Indonesia masih sebesar 10,19 persen.

"Artinya program ini telah menyelamatkan lebih dari 5 juta orang dari kemiskinan melalui sejumlah stimulus seperti bantuan produktif, program keluarga harapan, termasuk subsidi pajak dan KUR," tutur Josua.

Baca juga : KSP: Pengendalian Pandemi Wujudkan Pemulihan Ekonomi

Menurutnya, tingkat penyerapan anggaran PEN ini cukup baik untuk mendorong pemulihan ekonomi. Kebijakan insentif yang dititikberatkan pada sektor UMKM melalui program KUR telah mampu menggerakan ekonomi kerakyatan.

"Saya optimis, dengan adanya UU Cipta Kerja dapat membuka industri sehingga terbukanya lapangan kerja. Dan tingkat pengangguran dan kemiskinan akan semakin menurun. Kita berharap tahun 2025 bisa keluar dari middle income trap dan indonesia bisa bangkit ke depannya," tandas Josua. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.