Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KPU Pastikan Real Count Jalan Terus

Kami Tidak Bisa Ditekan Dan Tunduk Pada Siapa Pun

Jumat, 3 Mei 2019 06:54 WIB
Ketua KPU Arief Budiman (berbaju biru). (Foto: KPU RI).
Ketua KPU Arief Budiman (berbaju biru). (Foto: KPU RI).

 Sebelumnya 
Kesalahan itu berupa ketidakcocokan antara data scan formulir C1 dengan entry data di Situng. Kesalahan tersebut berupa pengurangan jumlah suara paslon atau penambahan jumlah suara paslon.

Temuan kesalahan ini ada yang berasal dari laporan masyarakat, ada pula yang berdasarkan pengawasan KPU. Dari jumlah kesalahan entry ini, sebanyak 176 kesalahan telah diperbaiki.

Baca juga : Luhut Jamin Tak Ada Jebakan Utang China

Sisanya, 23 masih dalam proses perbaikan. Namun, Wahyu kembali menegaskan, Situng hanya alat bantu yang dipilih oleh KPU untuk memberikan informasi yang cepat terkait penghitungan suara kepada masyarakat. Jika ditemukan kesalahan entry data, hal itu bukan berarti curang, melainkan human error.

“Kami tegaskan bahwa salah input itu bukan berarti ada kecurangan yang dilakukan KPU dan jajarannya,” kata Wahyu.

Baca juga : Produksi Mobil Desa Dipatok Capai 12 Ribu

Ketua KPU Arief Budiman menyampaikan ada dua metode perbaikan kesalahan input data terkait penghitungan suara. Jika kesalahan yang terjadi adalah perbedaan data di Situng dan C1, maka KPU bisa langsung mengoreksinya.

Untuk itu ia meminta peran serta masyarakat jika menemukan kejanggalan atau kesalahan di Situng. Namun, jika kesalahan input data terjadi di C1. Maka harus diperbaiki dalam rapat pleno rekapitulasi berjenjang.

Baca juga : Sungai Tak Dinormalisasi, Empat Kecamatan Di Jakarta Sering Banjir

Arief mencontohkan jika kesalahan terjadi pada pencatatan C1 di tingkat TPS, maka harus diselesaikan di rapat pleno rekapitulasi kecamatan. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.