Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PWNU DKI Gelorakan Resolusi Jihad Melawan Covid-19

Sabtu, 17 Juli 2021 13:39 WIB
Posko isoman PWNU DKI.
Posko isoman PWNU DKI.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta menggelorakan semangat Resolusi Jihad Kemanusiaan untuk melawan virus Covid-19. 

Akibat pandemi ini, banyak warga yang terinfeksi dan mengharuskan isolasi mandiri (isoman). 

Ketua PWNU DKI, KH. Samsul ma'arif mengajak warga nahdliyin di ibu kota melakukan Gerakan Peduli Isoman dengan membawakan bantuan makanan, susu, dan vitamin kepada warga DKI ke rumahnya masiang-masing yang melalukan isoman.

"Insya allah minggu depan, PWNU akan memberikan bantuan kepada Rumah Sakit Daerah DKI berupa tabung oksigen. Sebab, banyak nyawa hilang karena gagal mendapatkan oksigen," kata Samsul dalam keterangan tertulis kepada RM.ID, Sabtu (17/7).

Baca juga : Kantor PDIP Kabupaten Bekasi Disulap Jadi Posko Darurat Covid-19

Dia menyampaikan, gerakan ini terinspirasi dari gerakan resolusi jihad yang digelorakan oleh Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari melawan penjajah dalam mempertahankan NKRI dan wujud cinta tanah air.

"Jika KH. Hasyim Asy'ari dalam resolusi jihadnya adalah melawan barang yang nampak kelihatan, hari ini kita sedang berjuang melawan virus Corona yang tidak kelihatan," katanya.

Ia mengajak warga Nahdliyin dan masyarakat agar mengamalkan yang pernah diajarkan oleh para kiai dan ulama, baik amalan berupa hizib, shalawat, aurad, do'a dan dzikir, untuk diamalkan setiap saat terutama setelah salat fardhu.

Senada dikatakan, Bendahara PWNU DKI, Mohamad Taufik. Aktivis KAHMI Jaya ini mengungkapkan, gerakan ini merupakan bentuk kepedulian NU DKI beserta badan-badan otonom (Banom), di Jakarta memikirkan bagaimana warga Ibu Kota yang tengah menjalani isoman dapat terpenuhi semua kebutuhannya. Termasuk vitamin dan oksigen 

Baca juga : Pergerakan Pekerja Tinggi, Anies Ingatkan Pengusaha Peduli Penanganan Covid-19

"Bagaimana orang bisa isoman kalau tidak ada yang menyuplai makanan dan vitamin. Kami ingin Jakarta cepat pulih dan bangkit," ujar Taufik.

Taufik yang juga Wakil Ketua DPRD DKI itu menyampaikan, jangan melihat apa yang diberikan oleh PWMU DKI. Tapi, keikhalasannya sebagai ormas islam terbesar ini berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya, dan Pemprov DKI untuk meringankan kesulitan masyarakat.

"Di masa-masa seperti inilah kita bersama-bersama tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang tangguh dan kuat. Kepedulian tinggi, saling membantu. Kita harus bergotong royong agar kita bisa segera pulih, khususnya Jakarta dan bagkit," ucap Taufik.

Sementara itu, Ketua Peduli Isoman PWNU DKI, Abdul Muin menerangkan, Resolusi Jihad Kemanusiaan PWNU DKI ini menyiapkan 12 titik posko isoman dapur umum di setiap cabang-cabang NU di Ibu Kota ada dua titik. 

Baca juga : Guru Besar FKUI Rekomendasikan Gerakan Semesta Tenaga Kesehatan Indonesia Pada Masa Darurat Covid-19

"Satu posko akan menyiapkan 100 untuk isoman akan kami berikan makan, vitamin, obat, dan susu," ungkap Muin.   

Gerakan Resolusi Jihad Kemanusiaan PWNU DKI berlangsung selama dua minggu kedepan. Nanti, ada tim dari NU yang mendata warga yang melakukan isoman akibat terpapar Covid-19. 

"Apabila stok berjalan habis maka akan dikirim keesokan harinya. Terus kami lakukan ini selama dua minggu. Jika masih berlanjut, kami akan perpanjang gerakan ini. Tapi, kami (PWNU DKI,red) berdoa agar pandemi ini cepat berlalu," tandasnya. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.