Dark/Light Mode

Petahana Potensial Gondol Kursi Lagi

Empat Caleg Artis Diprediksi Kandas Di Dapil I Jawa Timur

Sabtu, 4 Mei 2019 07:10 WIB
Caleg Gerindra dapil Jatim Ahmad Dhani (kanan). (Foto : IG @dhaniahmadofficial).
Caleg Gerindra dapil Jatim Ahmad Dhani (kanan). (Foto : IG @dhaniahmadofficial).

 Sebelumnya 
Sementara, dari kalangan new comer atau pendatang baru hanya 1 nama yakni Bambang DH (PDIP). Sedangkan 1 kursi sisanya masih menjadi rebutan Demokrat dan Nasdem.

“Berdasarkan konversi kursi dengan metode Sainte Lague, maka tiga kursi DPR diperkirakan jadi milik PDI Perjuangan, dua kursi untuk PKB dan masing-masing satu kursi untuk Gerindra, Golkar, PAN, PKS.

Sisa satu kursi masih terbuka diperebutkan Demokrat dan Nasdem,” papar Didik. Didik juga menjelaskan, khusus Bambang Haryo, Arzetti dan Sungkono, perolehan suara mereka masih bisa kalah dengan rekan sesama partai.

Baca juga : Investasi Industri Kimia Farmasi, Diproyeksi Capai Rp 130 Triliun

Pasalnya, margin ketiganya dengan rekan satu partainya tidak terlalu tebal. Dalam kasus ini, Bambang Haryo masih berpotensi digeser Rahmat Muhajiri, Arzetti potensi digeser Fandi Utomo dan Sungkono potensi digeser Sunartoyo.

“Satu kursi yang diprediksi untuk Gerindra, PKB dan PAN, masih ada ruang perebutan yang cukup seru mengingat di antara caleg yang bersaing margin suaranya tidak cukup tebal,” imbuhnya.

Secara keseluruhan raihan suara partai, lanjut Didik, hasil rekapitulasi SCG Research and Consulting mendapati, PDIP masih menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi dengan 24,92 persen di Dapil I Jatim.

Baca juga : Prabowo Ngambek Sama Demokrat Ya?

Lalu menyusul PKB 16,60 persen, Gerindra 12,6 persen, Golkar 10,68 persen, PAN 6,26 persen, PKS 6,20 persen, Demokrat 4,52 persen, PSI 4,45 persen dan Nasdem 4,23 persen.

Di papan tengah, ada PPP 3,65 persen, Perindo 2,99 persen dan papan bawah adalah Berkarya 1,09 persen, PBB 0,65 persen, Hanura 0,64 persen, Garuda 0,37 persen dan PKPI 0,15 persen.

Menurutnya, perolehan suara partai dalam Pileg 2019 kali ini relatif tak berbeda jauh dengan Pileg 2014. Tapi, dibandingkan dengan Pileg 2014, defisit Pileg 2019 paling besar dialami Demokrat di mana perolehan suaranya turun 4,72 persen, disusul Hanura 3,68 persen, PAN turun 3,49 persen dan PKB turun 2,25 persen. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.